IST

PALEMBANG, HS – Temuan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang tercecer di kota Bogor merupakan milik warga Sumatera Selatan. Namun dari ribuan e-KTP itu tidak ada satupun yang berasal dari Palembang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) lota Palembang Edwin Effendi mengatakan, pihaknya telah melakukan kroscek ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah di cek memang tidak ada e-KTP yang tercecer beralamatkan di Palembang.

“Saat kita dengar e-KTP yang tercecer di Bogor berasal dari Sumatera Selatan, kita langsung kroscek ke Kemendagri. Jangan sampai ada e-KTP milik warga Palembang yang belum diterima,” kata Edwin, Senin (28/5).

Edwin menyampaikan, dari keterangan pihak Dirjen Dukcapil, ribuan e-KTP yang tercecer beberapa hari lalu, merupakan barang yang akan dipindahkan ke gudang dengan menggunakan mobil ekspedisi.

Dimana ribuan e-KTP yang kebanyakan beralamat di Sumatera Selatan merupakan KTP dinyatakan rusak, dipindahkan dari kantor Kependudukan dan Catatan Sipil di Pasar Minggu ke gudang penyimpanan Kemendagri Semplak, Bogor.

“Ada satu kardus seperempat karung e-KTP yang tercecer. Alamatnya Sumatera Selatan. Alhamdulillah tidak ada beralamat di Palembang,” ungkap Edwin.

Meski tidak ada e-KTP milik warga Palembang, Edwin berharap masyarakat tetap waspada terhadap modus-modus penipuan yang menggunakan KTP rusak atau palsu.

Pihaknya juga berharap e-KTP yang tercecer tidak disalahgunakan terhadap hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Sehingga menyebabkan kerugian bagi orang lain.