img_20160915_100315

Hj Eliza Alek nurdin saat memberikan bantuan bedah rumah di Gandus, Kamis (15/9/2016)

PALEMBANG, HS – Mendengar laporan ada beberapa rumah tidak layak huni di Palembang, Dinas Sosial (Dinsos) dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan langsung datang ke lokasi untuk melakukan program bedah kampung untuk 24 rumah yang ada di Kelurahan Karang anyar Kecamatan Gandus, Kamis (16/9/).

Menurut Ketua PKK Sumsel Hj. Eliza Alex Noerdin menyampaikan sambutannya, program bedah kampung ini merupakan bentuk gerakan sosial yang juga diinisiasi Pemprov Sumsel. Pada kesempatan ini, Dinsos dan PKK bekerja sama untuk ikut membantu masyarakat yang rumahnya tidak laik huni.

“Program ini rencananya akan dilaksanakan secara reguler dan berkelanjutan. Karena kebutuhan hunian ini terus bertambah, sementara tidak semua masyarakat kita mampu membangun tempat tinggal yang layak Kewajiban kita pemerintah, membantu masyarakat yang membutuhkan ini,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan. selain di Palembang, Dinsos dan PKK yang ada di 17 kabupaten dan kota se- Sumsel saat ini sedang berupaya untuk melakukan program serupa. Meskipun sebagian daerah masih dalam tahap rencana, namun program bedah kampung harus tuntas di Sumsel.

Hanya yang menjadi kendala bagi Dinsos dan PKK ialah terbatasnya dana. Dana biasanya berasal dari swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan bahkan dari pihak luar.

“Kalau dana cukup, tinggal kita menentukan lokasi kampung yang akan dibedah. Masyarakat juga harus aktif mengajukan proposal supaya kami juga tahu,” tutupnya.(MDN)