Ilustrasi.

Ilustrasi.

PALI, HS – Sedikitnya empat daerah di Bumi Serepat Serasan akan dijadikan Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada tahun 2017 mendatang.

Empat daerah tersebut antara lain Desa Pengabuan dan Desa Betung Barat di Kecamatan Abab, Desa Tempirai di Kecamatan Penukal Utara serta Desa Sungai Baung di Kecamatan Talang Ubi.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Disnakertrans Kabupaten PALI, Sahadi Sulkopli, MBA di sela kesibukannya, Senin (28/11).

“Masyarakat sendiri yang mengajukan itu. Ada tiga wilayah yang sudah pasti, Desa Pengabuan, Desa Betung Barat dan Desa Tempirai. Sedangkan untuk desa Sungai Baung masih dalam proses persetujuan lokasi dengan pemerintah desa,” ujar Sahadi.

Sahadi juga mengatakan bahwa program tersebut merupakan bantuan langsung dari Kementerian Transmigrasi RI untuk meningkatkan taraf hidup serta memotivasi penduduk lokal untuk gencar meningkatkan ekonomi.

“Nantinya, untuk yang ikut program ini sebanyak 40 % transmigran lokal dan 60 % transmigran regional. Kemudian, yang bisa ikut program transmigrasi ini hanyalah orang-orang yang tidak memiliki kemampuan dari segi ekonomi,” tambahnya.

Tidak hanya itu, nantinya para transmigran lanjut Sahadi akan mendapatkan bantuan fasilitas dari pemerintah.
“Selain diberikan rumah dan lahan untuk usaha, selama dua tahun para transmigran akan diberikan bantuan makanan dan modal usaha untuk meningkatkan taraf ekonomi mereka,” sambung Sahadi.

Kendati demikian, program tersebut baru akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

“Tahun 2017 kita baru lakukan survey dan menentukan secara detail, kemudian mempersiapkan tahapan-tahapan. Baru nanti di tahun 2018 program transmigrasi terlaksana,” tandasnya. (MAN)