Suasana di SMP YKPP Pendopo ketika terjadi peristiwa kesurupan terhadap enam siswa.

Suasana di SMP YKPP Pendopo ketika terjadi peristiwa kesurupan terhadap enam siswa.

PALI, HS – Aktivitas belajar di SMP Yayasan Kesejahteraan Pekerja Pertamina (YKPP) Pendopo, Talang Ubi kabupaten PALI mendadak terhenti. Ketika enam pelajar pada kembali mengalami kesurupan.

Keenam pelajar tersebut, mendadak berteriak histeris dengan mata melotot saat melakukan aktivitas belajar, Senin (21/11) siang.

Kejadian kesurupan tersebut mengagetkan seluruh siswa dan guru yang ada di sekolah itu. Seketika, enam pelajar kesurupan langsung diobati, kemudian ketika sadar pelajar kena kesurupan langsung dipulangkan di kediaman orangtuanya.

Sebelumnya pada Jumat (18/11) yang lalu kejadian serupa telah terjadi. Sedikitnya 7 pelajar mengalami kesurupan.

Guru SMP YKPP bidang studi agama, Rahmat mengatakan bahwa kejadian kesurupan bukan yang pertama kalinya. Namun, sebelumnya pada Jumat (18/11) lalu pernah mengalami hal sama, ada sekitar tujuh pelajar mengalami kesurupuan.

“Hari Jumat (18/11) ada tujuh pelajar kesurupan, dan hari ini (Senin, red) 6 pelajar yang sama mengalami kesurupan. alhamdulillah kejadian cepat di atas guru di sekolah,” ujar Rahmat, Senin (21/11).

Pelajar yang mengalami kesurupan,  semuanya perempuan, sambung Rahmat, mungkin saja mereka lemah atau sedang banyak pikiran.

Ketika korban kesurupan sudah sadar,  seluruh siswi langsung disuruh pulang dan meminta orang tuanya untuk menjemput di SMP YKPP.

“Setelah korban kesurupan sadar, kami langsung hubungi orang tuanya untuk menjemput siswi yang kesurupan,” jelas Rahmat.

Sementara itu, para wali murid SMP YKPP Pendopo, mengusulkan agar di lingkungan sekolah membaca yasin secara rutin agar kejadian kesurupan tidak terulang lagi.

“Kami  khawatir kejadian kesurupan terulang lagi. Sudah dua kali kesurupan di SMP YKPP terjadi, coba-caba setiap pagi membaca yasin secara bersamaan agar kejadian tidak terulang lagi,” usul Sumarni, satu diantara ratusan wali murid SMP YKPP. (MAN)