PALEMBANG,HS – Sebanyak enam tim softball mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) Softball Putra Antar Klub di Venue Softball dan Baseball di Kompleks JSC, mulai 14-20 Mei.

Keenam tim ini yakni tim Mahakam dari Kalimantan Timur, Bumi Asri dari Jabar, Unimed dari Medan, Hangtuah dari Riau, dan Sriwijaya FC merah dan biru dari Sumsel.

“Tadinya masih ada satu tim lagi yang sudah daftarkan diri, yakni Saburai, tapi batal,” ungkap Ketua Umum Pengprov Perbasasi Sumsel Asril Sadikin Satar, disela acara pembukaan Kejurnas Softball di JSC, Senin (15/5).

Dijelaskannya, Kejurnas yang digelar di Bumi Sriwijaya ini, menjadi ajang seleksi bagi Timnas Indonesia yang akan mengikuti seleksi di Kejuaraan Dunia World Series, Juli ini di Kanada.

Lewat ajang ini, pihaknya juga berharap cabang olahraga softball ‘membumi’. Perbasasi Sumsel berharap, atlet-atlet muda dapat tumbuh berkembang dan menjadi andalan Sumsel, bahkan Indonesia di masa akan datang.

“Kita selalu membuka diri bagi mereka yang ingin menjadi atlet softball. Kita akan berikan kostum gratis,” ucapnya.

Ketua Pelaksana Kejurnas Softball Bili Asmoro, menambahkan, Kejurnas di Sumsel salah satu bagian dari program kepengurusan Perbasasi lama. Untuk kategori putra dimainkan di Palembang, sementara untuk putri digulirkan di Makassar, September nanti.

“Kita juga akan banyak menggelar event besar dalam waktu dekat, ada Menpora Cup, Liga Mahasiswa, Kejuaraan level Asia Januari 2018. Itu juga salah satu upaya untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap cabang olahraga softball,” jelasnya.
Di tempat yang sama, Ketua Wakil I KONI Sumsel Dhennie Zainal menambahkan, pihaknya berharap cabor softball dan tumbuh dan berkembang lebih cepat lagi di Sumsel.

Dia berharap turnamen atau kejuaraan dapat terus digulirkan untuk melahirkan atlet berkualitas. Apalagi, Sumsel punya fasilitas yang bertaraf internasional.

“Semoga terus bertambah atlet-atlet yang berkualitas, andalan Sumsel dan Indonesia,” jelasnya.(MDN)