PALEMBANG,HS – Partai Perindo siap bertarung pada Pemilu 2019 dan sudah mempersiapkan secara matang kepengurusan agar dapat lolos verifikasi, untuk mengikutin pendaftaran partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 yang dibuka mulai 3-16 Oktober mendatang,

Meski telah memiliki badan hukum dan disahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), namun untuk syarat kepengurusan di tingkat Provinsi masih harus dibuktikan,

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu akan melakukan verifikasi faktual guna membuktikan kebenaran, bahwa kepengurusan tingkat Provinsi sudah terbentuk 100 persen.

“Ya, untuk lolos verifikasi, kepengurusan Partai Perindo harus sudah terbentuk di 34 Provinsi. Ini syarat mutlak peserta Pemilu 2019,” ungkap Komisioner KPU Sumsel Liza Lizuarni saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai Perindo Sumsel di Grand Atyasa Convention Centre Palembang, Kamis (21/9/2017).

Ia juga mengatakan, untuk di Provinsi harus terbentuk 75 persen kepengurusan di tingkat Kabupaten/kota. Seperti di Sumsel yang terdiri dari 17 Kabupaten/kota, jika Perindo ingin lolos minimal sudah terbentuk kepengurusan di 15 Kabupaten/kota.

“Parpol juga harus memiliki kantor tetap, mulai dari kepengurusan di tingkat pusat, Provinsi maupun Kabupaten/kota, sampai tahapan terakhir pemilu dan calon legislatif terpilih dilantik. Nomor rekening juga atas nama parpol, bukan nama perorangan,” pungkasnya

Ia juga menambahkan, masih cukup banyak persyaratan yang wajib dipenuhi Perindo. Antara lain harus menyertakan bukti keanggotaan parpol paling sedikit 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada setiap Kabupaten/kota,

Lanjutnya, Verifikasi keanggotaan parpol juga akan dilakukan dengan metode yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, yaitu metode sensus dan sampel secara acak sederhana.

“Partai Perindo juga harus memberikan ruang keterlibatan 30 persen keterwakilan perempuan di tingkat pusat. Dan di daerah harus memberikan perhatian terhadap keterlibatan perempuan. Dengan persiapan yang matang, saya yakin Perindo bakal lolos,” ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Sumsel Febuar Rahman sangat yakin pihaknya tidak akan menemui kendala berarti dan lolos verifikasi.

Ia menambahkan, Apalagi persiapan Partai Perindo sudah dilaksanakan sejak lama dan bahkan melebihi dari syarat yang ditetapkan KPU. Dimana untuk syarat kepengurusan, Perindo sudah terbentuk 100 persen hingga ke tingkat ranting.

“Perindo sudah sangat siap. Dan mengapa kami hadirkan langsung pihak KPU dan pengurus di 17 Kabupaten/kota, ini lebih ke masalah teknis faktual. Kami hadirkan KPU biar semakin paham dan memudahkan dalam bekerja,” tegasnya (MDN)