PALEMBANG,HS – Balai Besar Jalan Nasional Wilayah V, Febuari 2018 nanti segera memperbaiki Jembatan Endikat, yang merupakan penghubung Daerah Lahat-Pagaralam.

Kasatker Wilayah II Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V, Yudian Budi Krisna mengatakan, kerusakan jembatan Endikat pada akhir Juli (2017).

Menurutnya, kerusakan terjadi karena sering tergenang air, dan beban kendaraan. Sehingga, lantai jembatan tersebut menjadi cepat rusak dan keropos.

“Makanya kami tangani dulu dengan lantai papan dan kayu,” ujarnya saat diwawancarai dikantor, Jumat (22/12/2017).

Ia juga menambahkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,5 Milyar untuk anggaran 2018.  Untuk segera melakukan lelang perbaikan Jembatan Endikat dengan fokus pengerjaan lantai jembatan.

“Ya, lantainya nanti kami hancurin dan kami susun yang baru dengan unit Double Tee. Sekarang lagi proses lelang biasanya 2 bulan lebih, tergantung lancar tidaknya lelang. Pokoknya, akhir Februari sudah harus mulai pengerjaan itu,” tegasnya.

Lanjutnya, Dengan target kontrak perbaikan Jembatan Endikat selama 6 bulan. Perbaikan jembatan akan dilakukan secara menyeluruh. Khusus  pemasangan lantai diperkirakan memakan waktu selama 3-4 bulan selesai, dengan sistem buka tutup jalan, Namun kalau dengan menggunakan sistem penutupan penuh, perbaikan jalan dipastikan akan lebih cepat lagi di selesaikan.

Sementara itu, Asisten Pelaksanaaan dan Pengawasan Satker, Andi Pratama menambahkan, ada beberapa item lain selain lantai, yang akan masuk dalam kotrak pengerjaan Jembatan Endikat. Meliputi, perbaikan dinding penahan tanah, parafet, abodmen, dan lainnya.

“Jadi keseluruhan (Jembatan Endikat) kami perbaiki,” pungkasnya

Ia juga menyampaikan, Perbaikan Jembatan Endikat dengan menggunakan unit Double Tee, juga digunakan pada Jembatan Musi Tebing Tinggi dan Jembatan Muara Beliti Lubuklinggau.(MDN)