PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumsel, bersama,Himpunan Alumni IPB DPD Sumsel untuk ketiga kalinya bakal menggelar festival buah dan pertanian unggulan di Griya Agung Palembang, 10-12 Januari 2020 mendatang. Kegiatan tahunan tersebut akan dibuka langsung oleh, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dan wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya.

Festival buah dan pertanian unggulan yang ketiga kali ini melibatkan 152 stan perwakilan dari 17 Kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan dan menampilkan aneka buah hasil pertanian masing-masing daerah.

Ketua Pelaksana festival buah dan pertanian unggulan III, Raimar Yousnaidi mengatakan sama seperti tahun sebelumnya pada festival buah ini pihaknya akan menampilkan buah-buahan unggulan di Bumi Sriwijaya seperti durian Lahat, nanas Prabumulih, jeruk Pagaralam, duku Komering, padi Muba dan beberapa produk unggulan lainnya.

Dengan hanya cukup membayar Rp 50 ribu, setiap pengunjung yang datang nantinya bisa menikmati durian sepuasnya. Meski makan sepuasnya, namun para pengunjung dilarang untuk membawa pulang.

“Kalau duriannya tidak manis atau kurang bagus akan kita ganti baru, jadi pengunjung bisa makan sampai kenyang. Kalau buah lain dihitungnya perkilo,” kata Raimar, Sabtu (4/1/2020).

Tak hanya festival buah dan pertanian unggulan saja, dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu juga akan digelar beberapa kegiatan lainnya seperti seminarlomba mewarnai, senam, fotografi, vlog, lomba kreatif menghias buah dan lomba lainnya.

“Melalui berbagai lomba dan festival buah ini, kita perkenalkan kepada masyarakat mulai dari TK sampai dewasa bahwa buah dan pertanian kita produknya unggulan,” jelasnya

Sementara itu Sekretaris Festival Buah dan Pertanian Unggul III, Mika Asriselian menambahkan tujuan digelarnya kegiatan ini untuk mendukung Sumsel sebagai lumbung pangan nasional.

Melalui kegiatan yang disponsori oelh Bank Sumsel Babel ini, pihaknya ingin mempromosikan buah dan hasil pertanian unggul yang selama ini kurang dikenal. Jika sebelumnya festival buah ini cakupannya hanya sebatas Sumsel, namun pada tahun ini menjadi festival buah nasional.

“Orang kan selama ini kenal hanya durian dan duku saja, padahal banyak buah unggulan lainnya. Maka itu, kita harap penghasil buah bisa ketemu suplier untuk orbitkan buah Sumsel lainnya,” tutupnya.