hut-muaraenim

MUARAENIM, HS – Dalam rangka menyambut HUT ke-70 Kabupaten Muaraenim, panitia mengggelar berbagai kegiatan lomba. Perhelatan yang telah digelar Rabu (16/11) hingga Jumat (18/11) di Ballroom Grand Zuri antara lain menampilkan festival kesenian bernuansa Islami, seperti Rebana, Qasidah, Nasyid dan Marawis dengan peserta sebanya  410 orang.

Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Soharl diwakili oleh Wakil Bupati, H Nurul Aman SH, memberikan apresiasi dengan pegelaran seni yang tampil memerihakan HUT Kabupaten Muaraenim.

“Bagi masyarakat kita, Qasidah Rebana, Nasyid maupun Marawis bukanlah hal yang baru karena kesenian ini merupakan budaya khusus yang bernuansa Islam dan sudah lama ada di kabupaten kita.”

“Kesenian ini sering kita jumpai pada perayaan-perayaan hari-hari besar Islam maupun persedekahan atau acara lain-lainnya. Namuh saat ini seni Islam ini telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan patut dilestarikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia lomba, Drs  H Rusdi Hairullah MSi mengatakan, panitia kali ini menyediakan hadiah untuk juara berupa tropi, piagam dan uang pembinaan.

“Adapun hadiah yang akan dibagian sebesar Rp48 juta, rinciannya sebesar Rp6 juta untuk juara 1, untuk juara 2 sebesar Rp 4 Juta, juara 3 sebesar Rp 3 Juta, untuk peringkat 4 yaitu Rp 2 juta, dan untuk peringkat ke 5 sebesar Rp1juta,” ujarnya.

Diterangkan pula, setiap kebutuhan peserta mengenai konsumsi juga penginapan ditanggung oleh panitia. “Untuk sementara, transportasi pergi dan pulang peserta ini difasilitasi oleh masing-masing kecamatan,” urainya. (EDW)