infantinno

ZURICH, HS – Presiden FIFA, Gianni Infantino, mempertimbangkan penambahan tim peserta Piala Dunia dari hanya 32 tim menjadi 40 tim.

Gianni Infantino mengungkapkan pertimbangan ini berkaca dari kesuksesan negara-negara yang dikenal tak memiliki sejarah sepakbola yang kuat pada Piala Eropa 2016 lalu.

Dalam wawancaranya dengan Blick, Infantino membicarakan tentang tekanan negara-negara anggota FIFA untuk berkembang demi ajang empat tahunan ini. “Piala Dunia masa kini bukan hanya pertandingan sepakbola semata, namun sesuatu untuk dikonsumsi oleh publik.”

“Lihatlah apa yang terjadi kepada rakyat Islandia, Wales, Albania dan Hungaria. Itu adalah hal yang hebat, ini adalah euforia. Apa yang terjadi di negara-negara tersebut, seharusnya membuat anda bangga.” sambung Infantino.

“Mengubah format Piala Dunia dari 32 menjadi 40 tim adalah hal yang besar, namun itu masih masuk dalam tujuan FIFA, yakni mengembangkan sepakbola kepada dunia. Jadi periklanan itu masih berlaku.”

Pria berusia 46 tahun ini juga mengklaim bahwa turnamen sepak bola di panggung Olimpiade juga memerlukan pertimbangan untuk perubahan. Kompetisi tersebut dimana tim-tim hanya dibolehkan memainkan tiga pemain diatas usia 23 tahun, membuat keprestisiusan turnamen ini berkurang.

“Tentunya ini adalah masalah dan isu yang sensitif yang harus kami selesaikan bersama-sama dengan Komite Olimpiade Internasional. Turnamen ini dimainkan dengan mayoritas pemain dibawah 23 tahun dan hanya beberapa pemain lebih tua yang diperbolehkan, itu bukanlah solusi yang baik. Sebagai tambahan, jadwal sepak bola terlalu ketat. Kami harus mendiskusikan hal ini dengan serius lagi.” (HS)