Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustina foto bersama dengan siswa

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustina foto bersama dengan siswa

PALEMBANG, HS – Guna menanamkan rasa cinta tanah air dan cinta kebersihan, Wakil Walikota (wawako) Palembang Fitrianti Agustinda mengajak siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebagai salah satu pembelajaran nasionalisme sejak usia dini.

Kali ini, Fitrianti Agustinda juga melakukan gerakan operasi semut dan kenalkan dirinya kepada pelajar di empat sekolah, yaitu SMPN 20, SMA Patra Mandiri 1 dan SDN 254 Palembang.

Dalam rangkaian kegiatan operasi semut di sekolah-sekolah di kota Palembang setiap sabtu pagi. Kali ini, Finda, begitu sapaan akrab wawako Palembang sehari-hari, Sabtu (17/9).

Dia memperkenalkan dirinya seusai memungut sampah dan membersihkan lingkungan sekolah bersama para siswa sekolah tersebut. Dimulai dari operasi semut dan senam pagi bersama siswa SMPN 20 Palembang, Finda memulai debutnya untuk menanamkan sikap cinta lingkungan.

Tak lupa Finda juga mengajak para siswa untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan ia juga melemparkan beberapa pertanyaan mengenai visi dan misi Palembang, serta memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab dengar benar.

Lanjutnya, siswa harus lebih dikenalkan terhadap nili-nilai kebangsaannya, mengingat makin mudahnya pengaruh budaya asing masuk dan diduplikasikan oleh mereka melalui akses Informasi dan Teknologi.

“Jadi, saya ingin menanamkan kembali nilai nasionalisme kepada mereka sejak dini. Dimulai dari menghafal dan menyanyikan lagu kebangaan Indonesia Raya. Mungkin kedepannya, pada kunjungan berikutnya para siswa akan kami ajak untuk menghafal teks Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” terang dia. Kami ingin menanamkan sikap cinta tanah air dan cinta terhadap lingkungan sejak dini. Dengan harapan kedepannya, akan muncul kesadaranmereka mengenai dampak membuang sampah sembarangan terutama di sungai,” jelas Finda seusai berfoto bareng para siswa.

Kepala SMPN 20 Palembang Endang Wahyuningsih mengatakan, ia merasa terhormat dan tersanjung atas kunjungan Wawako Palembang ini.

“Kami sangat mengapresiasi program ibu Finda ini. Banyak siswa yang bersemangat saat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kami juga berharap agar program dari ibu Finda tersebut dapat berlanjut dan terus berkembang,” tutupnya. (UDI)