PALEMBANG,HS – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, di dampingi Wakil Ketua DPRD Sumsel Kartika Sandra Desi dan jajaran OPD Provinsi Sumsel, menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi IV DPR RI yang dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo. Acara berlangsung di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (30/01). 

Menurut Wakil Gubernur Sumsel , Kunker Komisi IV DPR RI kali ini dalam rangka konsultasi publik dan jaring pendapat dari berbagai pihak di sumsel untuk membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang   Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. 

Wakil Gubernur dan jajaran Pemprov Sumsel menyambut baik kehadiran wakil rakyat yang tergabung dalam Komisi IV DPR RI.

 “Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada jajaran Komisi IV DPR RI,  DPR RI yang membidangi pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan ini, untuk berkonsultasi dan jaring pendapat dengan kami di Sumsel ini,” ungkap Mawardi Yahya. 

Menurut Wakil Gubernur Sumsel Provinsi Sumsel memiliki pesisir pantai yang luas, di antara  Kabupaten Ogan Komering Ilir, nantinya di sini akan datang investor / perusahaan besar (pabrik terbesar di Asia Tenggara), untuk berinvestasi di sana. 

“Kami mohon bantuan Komisi IV terkait aktifitas yang akan datang harus sesuai aturan, seperti tata ruangnya.  Selain itu banyak masyarakat di sana masyarakatnya yang hidupnya bergantung pada tambak udang, dan kepiting soka,” terangnya.

Wagub bweharap kedepan jangan sampai dengan terbukanya parit-parit akan menggangu ekosistem, budidaya ikan, udang serta kepiting soka.  Selain itu ada ekosistem penyu sisik di Pulau Maspari, jangan sampai punah, mohon bantuannya untuk penangkarannya juga. Selain itu di maspari juga ada tambak udang windu.

 “Untuk Komisi IV mohon bantuan untuk pembangunan jembatan sepanjang 150 meter, untuk menjangkau pulau ini. Karena ini pulau ini berdekatan dengan tiga kecamatan, yaitu Muara Padang, Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin, dan Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir,” tembahnya.

Di Kabupaten Banyuasin lanjut Wagub juga ada Taman Nasional Sembilang,  yang setiap tahun akan didatangi burung migran, yang juga harus diperhatikan ekosistemnya. Wakil Gubernur juga mengharapkan kepada Komisi IV DPR RI untuk segera merumuskan Undang-undangnya. 

Sementara itu Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo menyampaikan terima kasih atas sambutannya yang selalu luar biasa. Edhy Prabowo menuturkan bahwa maksud kunjungan Komisi IV DPR RI ini dalam rangka perbaikan UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya.

 Serta ingin mendalami sekali lagi dan tau persis tujuan  dari undang-undang ini.  Menurut Edhy Prabowo Sumsel memiliki areal yang jika dikembangkan akan meningkatkan penghasilan dari sumber daya alam. 

“Menanggapi permohonan Wakil Gubernur Sumsel,  salah satunya Pulau Maspari, akan segera ditanggapi, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tegas Edhy Prabowo  sembari menambahkan rencananya dalam waktu dekat ini Menteri Kelautan dan Perikanan RI akan datang ke lokasi Pulau Maspari.(RN)