irma

OI, HS –  Angka pernikahan dini dan seks bebas di kalangan remaja dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Mirisnya, jumlah tersebut terjadi di daerah.

Hal tersebut hal diungkapkan Anggota DPR RI Komisi IX, Irma Suryani didampingi anggota DPRD OI Partai Nasdem, Suharmawinata dan Afrizal usai membuka sosialisasi Genre di SMAN 1 Rantau Panjang, Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (15/9).

“Ya, setiap tahun seks bebas, pernikahan dini, narkoba meningkat. Secara persentase kami tidak tahu, namun terus mengalami peningkatan dan ini sangat bahaya,” ungkapnya.

Irma menambahkan, hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab banyaknya gejolak yang terjadi di tengah masyarakat mulai dari pendidikan, ekonomi dan lain-lain.

Disinggung kegiatan sosialisasi Genre Ceria, Irma menjelaskan, sosialisasi Genre menitikberatkan kepada pencegahan kepada para remaja untuk menghindari seks bebas, pernikahan dini dan narkoba.

“Kami terus lakukan sosialisasi Genre Ceria kepada anak-anak usia remaja khususnya sekolah menengah untuk tidak menikah di usia dini dan menjauhi seks bebas serta narkoba. Dengan nikah dini, angka kematian saat melahirkan dipastiakan meningkat. Kita harus tatap masa depan dengan baik,” ajaknya.

Irma menjabarkan, angkatan muda kerja tahun 2020 akan semakin tinggi, sedangkan angkatan kerja tua sedikit yang pensiun.

“Artinya, lapangan kerja sedikit. Siapa yang mampu berkualitas dia akan kerja, kalau tidak mampu bersaing akan nganggur. Ini akan terus sosialisasi untuk mengantisipasi angka pengangguran,” ujarnya.

Dirinya mengajak seluruh lapisan remaja jangan melakukan pernikahan dini, serta menjauhi pergaulan bebas. Selain itu, juga menghimbau kiranya merencanakan masa depan kehidupan dan keluarga dengan mapan dan baik. (EL)