PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menggelar Welcome Dinner bersama Atlet, Official, dan Technical Official Asian Triathlon Championship (ASTC) 2017 di Griya Agung Palembang, Sabtu malam (22/7).

Welcome Dinner dengan tema “Stand Party” ini berlangsung meriah. Selain menampilkan video singkat tentang pelaksanaan ASTC di Palembang, sebuah lagu dari Louis Armstrong berjudul What A Wonderful World turut dilantunkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk menghibur para hadirin.

Nampak hadir Presiden International Triathlon Union (ITU) Mrs. Marisol Casado, Presiden Asia Triathlon Championship Mr. Justin Sukwon Park, Wakil Ketua Umum KOI Pusat, Muddai Madang, serta Presiden Triathlon Indonesia Mark Sungkar.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan apresiasi kepada seluruh hadirin dari berbagai negara peserta atas partisipasinya pada gelaran ASTC 2017 Palembang. Menurut Alex, suksesnya kejuaraan tingkat Asia ini merupakan bentuk kesiapan Sumsel menghadapi Asian Games 2018. “Ini menjadi bukti bahwa Sumsel sudah siap menjadi tuan rumah Asian Games,” tegasnya.

Sementara, Presiden International Triathlon Union (ITU) Mrs. Marisol Casado mengungkapkan bahwa Triathlon tingkat Asia yang digelar di Palembang berjalan sukses dan berharap kedepan Palembang dapat kembali menggelar kejuaraan Triathlon tingkat dunia. “Saya berharap Palembang bisa melaksanakan kejuaraan dunia di masa depan, setelah sukses pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang,” ungkapnya.

ASTC 2017 sudah berlangsung sejak 21 Juli di Jakabaring Sport City Palembang dan akan berakhir 23 Juli. Negara peserta diantaranya Yordania, Uzbekistan, Hong Kong, Malaysia, China Taipei, Singapura, Bangladesh, India, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Kazakstan, Makau, Iran, Palestina, Bahrain, Thailand, China, Sri Lanka, Afganistan, Suriah, dan Mongolia, serta 12 negara peninjau terdiri dari Kamboja, Irak, Kuwait, Kyrgyzstan, Lebanon, Maladewa, Nepal, Myanmar, Oman, Qatar, Vietnam, dan Pakistan.

Pada hari pertama kejuaraan ASTC 2017 di Jakabaring Palembang, sekitar 69 peserta kelas junior, U-23, dan women elite berlaga dengan hasil akhir posisi tiga besar dikuasai para atlet Jepang. Pertandingan diawali dengan renang sejauh 1,5 kilometer di venue dayung, dilanjutkan dengan sepeda berjarak 40,7 kilometer (6 lap), dan lari menempuh jarak 10,3 kilometer (4 lap).

Dihari kedua, sebanyak 67 atlet putra katagori elite bertanding mulai pukul 06.00 WIB diawali renang sepanjang 1,5 kilometer di venue dayung, kemudian disambung dengan bersepeda menempuh jarak 40,7 kilometer (6 lap) dan lari dengan jarak 10,3 kilometer (4 lap). Pada hari kedua ini juga dipertandingkan dua nomor lainnya yakni Under 23 Man dan Junior Man. ASTC 2017 Palembang masih akan berlangsung hingga 23 Juli.(rill humas pemprov)