PALEMBANG,HS – Musibah kebakaran kembali terjadi di Palembang. Kali ini, Si Jago Merah ‘melahap’ sejumlah rumah di kawasan di Jalan Aiptu A. Wahab, Lorong Belimbing, Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring Palembang, Selasa (09/10/2018).
Peristiwa kebakaran tepatnya terjadi di sebelah Jembatan Kertapati Palembang sekitar pukul 10.15 WIB. Diduga, sumber api berasal dari korsleting listrik. Berdasarkan data sementara, terdapat delapan rumah yang terbakar, dengan 27 kartu keluarga dan 92 korban jiwa.
Musibah ini merupakan yang kesekian kalinya dalam kalender 2018. Sebelumnya, kebakaran juga terjadi tidak jauh dari lokasi kejadian. Musibah kebakaran telah menghanguskan puluhan rumah di kelurahan 1 Ulu, 5 Ulu, 15 Ulu dan Kelurahan Kemas Rindo, Kertapati.
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengaku prihatin akan peristiwa tersebut. Herman yang hadir langsung ke lokasi kebakaran juga telah menginstruksikan dinas terkait untuk segera menyalurkan bantuan.
“Saya minta agar bantuan segera disalurkan. Tidak ada alasan untuk menunda-nunda. Bersama Pemerintah Kota Palembang kita juga akan berkoordinasi agar dapat meringankan korban musibah kebakaran,” tegas Herman.
Dengan akses jalan yang cukup sempit, disertai angin yang kencang, petugas pemadam kebakaran cukup kesulitan dalam melakukan upaya pemadaman. Setidaknya, ada 12 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 11.20 WIB.
Menurutnya keterangan saksi mata, Edi, kebakaran terjadi secara tiba-tiba. Teriakan korban kebakaran juga membuat sejumlah warga menjadi panik. Warga bersama korban sempat mengamankan beberapa barang penting, meski tidak semuanya dapat diselamatkan.