Striker Italia, Ciro Immobile mencetak dua gol untuk memenangkan Italia atas tuan rumah Makedonia.

Striker Italia, Ciro Immobile mencetak dua gol untuk memenangkan Italia atas tuan rumah Makedonia.

SKOPJE, HS – Tim Nasional Italia dinaungi oleh dewi fortuna ketika memenangi pertandingan di masa injury time atas tuan rumah Makedonia.

Makedonia akhirnya menyerah 2-3 kepada Italia dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA Grup G yang berlangsung di Nacionalna Arena Filip II Makedonski, Senin (10/10) dini hari.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya kick-off, kedua tim tampil terbuka dan saling menyerang. Antonio Candreva sempat membuat gol pada menit 9 melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan matang dari Ciro Immobile, namun wasit menganulirnya karena menilai Candreva telah berada dalam posisi off-side.

Selanjutnya, striker andalan tuan rumah, Ilija Nestorovski melepaskan tendangan indah di menit ke 18. Kiper Italia, Gianluigi Buffon tak kuasa menggapai, namun Italia masih beruntung karena tendangan Nestrovski masih membentur tiang gawang.

Tim tamu akhirnya unggul pada menit 24 melalui pemain muda, Andrea Belotti. Striker 22 tahun ini sukses memanfaatkan umpan Federico Bernardeschi yang mengeksekusi tendangan sudut. Gol via tendangan voli tersebut menjadi pembuka keunggulan Italia sekaligus menjadi gol perdana Belotti di ajang internasional.

Pada menit ke-40, pemain Makedonia Ezdzhan Alioski harus menerima kartu kuning karena melakukan pelanggaran kepada Candreva.

Di pengujung babak pertama, Giacomo Bonaventura berkesempatan menggandakan skor setelah menerima umpan silang Candreva, tetapi sayang sundulannya masih melebar.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tak berubah 0-1 untuk keunggulan tim Italia.

Pada babak kedua, perlahan tuan rumah Makedonia bangkit. Mereka berhasil membuat gol penyeimbang pada menit ke-56. Berawal dari kelalaian pemain belakang Italia, Marco Verrati, Ilija Nestorovski yang sudah tak terkawal melepaskan tembakan keras yang sulit ditangkap Buffon.

Baru tiga menit Nestorovski mencetak gol, suporter tuan rumah kembali bergemuruh. Goran Pandev yang memberikan umpan yang tak diterima dengan baik oleh Nestorovski.

Pemain nomor punggung 9 itu langsung memberikan bola pada Ferhan Hasani yang berdiri bebas di luar kotak penalti. Tembakan Hasani langsung berbuah gol untuk tuan rumah. Unggul 2-1, Macedonia makin percaya diri.

Pada menit ke-71 Mojsov nyaris membuat skor menjadi 3-1 andai sundulannya tak dapat ditangkap Buffon. Semenit kemudian kiper 38 tahun tersebut melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan winger Ezdzhan  Alioski.

Selanjutnya, Verrati menebus blundernya dengan mengkreasi gol penyeimbang pada menit 75. Verrati mengirim umpan ke Candreva yang kemudian meneruskannya kepada Immobile yang sukses menaklukkan kiper Bogatinov. Skor 2-2.

Motivasi tim Italia kembali melambung dan mereka menguasai jalannya pertandingan. Bogatinov kembali melakukan penyelamatan penting yakni saat menggagalkan sepakan Candreva dari tiang dekat.

Italia sukses memastikan tiga poin kandang melalui gol yang dibuat Immobile memaksimalkan operan Candreva. Gol kemenangan Italia ini tercipta di masa injury time, tepatnya menit 90+1.

Kemenangan atas tuan rumah Makedonia ini membuat Italia mengumpulkan 7 poin dari tiga pertandingan. Italia berada di peringkat 2 klasemen sementara Grup G di bawah Spanyol. Sementara Makedonia terpuruk di dasar klasemen dengan poin 0 setelah menelan 3 kekalahan. (MIM)

 

Susunan pemain

Macedonia: Bogatinov; Mojsov, Sikov, Ristevski; Ristovski, Hasani (Trajcevski 84′), Spirovski, Alioski, Zhuta (Ibraimi 46′); Pandev, Nestorovski (Petrovikj 68′)

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Romagnoli; Candreva, Verratti, Bonaventura (Parolo 64′), De Sciglio; Bernardeschi (Sansone 64′); Belotti (Eder 84′), Immobile