PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengharapkan keterlibatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Perusahaan Swasta dan lembaga usaha lainnya dapat membantu pemerintah daerah dalam memajukan sektor pembangunan baik fisik maupun non fisik di Sumatera Selatan.
Hal tersebut diungkapkannya saat menerima  jajaran Direksi PT. Pegadaian (Persero) yang dipimpin Direktur Utama (Dirut) Kuswiyoto dan jajaran bertempat di ruang Rapat Griya Agung, Palembang, Rabu (15/5) malam.
“Sejumlah sektor dapat dijadikan mitra bagi PT Pegadaian. Khususnya membantu desa-desa dalam pengelolaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BumDes),” harap Herman Deru.
Adapun sektor yang dapat dijadikan sebagai pengembangan usaha bagi PT. Pegadaian (Persero) di dalam wadah BumDes lanjut Herman Deru, diantaranya Pengembangan Desa Wisata dikawasan objek wisata seperti di Kota Pagar Alam dan Danau Ranau yang ada di Kabupaten OKU Selatan serta pusat-pusat kerajinan rakyat lainnya yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan di 17 Kabupaten/kota di Sumatera Selatan.
“Upaya ini setidaknya dapat membantu membangun citra baik bagi PT. Pegadaian di mata masyarakat di samping membantu BumDesa dalam hal manajerial dan administrasi,” tambah Herman Deru.
Disamping itu, Gubernur berharap PT. Pegadaian (Persero) terlibat aktif dalam sejumlah event di Sumsel baik dalam sekala nasional maupun internasional diantaranya event Motocross MXGP, event Tour the Ranau Ranau serta kejuaran Bowling Dunia yang melibatkan sejumlah negara di dunia.
“Dalam waktu dekat setidaknya ada tiga event internasional  yang ada akan digelar di Sumsel. PT. Pegadaian bisa ikut adil dari situ dalam hal promosi,” harap Deru.