PALEMBANG,HS – Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar konser amal kemanusiaan peduli Palestina di Palembang Sport Convention Center (PSCC), Sabtu malam (24/3/2018).

Konser Amal Kemanusiaan Peduli Palestina ini menampilkan The  Jenggot, rapper Ebiet Beat A, penyanyi anak Trio Brother, dan grup nasyid kebanggaan Sumsel, MGN Nasyid. Selain itu acara dimeriahkan pula oleh pembacaan puisi, aksi teatrikal, dan pemutaran video kondisi terkini rakyat Palestina. Ulama Palestina, Syeikh Ahmad Majeed, juga hadir menyampaikan seruan agar umat Islam bersatu untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Dalam acara tersebut turut hadir langsung Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin.

Dalam sambutannya, Alex menyampaikan bahwa kegiatan yang diadakan oleh KNRP Sumsel adalah bentuk kepedulian terhadap manusia, bukan kegiatan yang berbau politik.

Disela-sela kegiatan, Alex tidak sampai hati melihat saat pemutaran video yang menggambarkan keadaan rakyat palestina yang diancam oleh tentara Israel. Bahkan anak-anak dalam video tersebut lari untuk menghindari bom dan tembakan yang diluncurkan oleh tentara Israel.

“Coba lihat penderitaan anak-anak yang ada di Palestina, mereka semua mulai yang tidak bisa hidup seperti kita. Bahkan anak-anak tidak bisa sekolah, bermain juga disana  anak yang sakit, tidak bisa dibawa ke rumah sakit karena tidak ada listrik, yang sedihnya lagi penerus generasi disana telah hilang. Kita dan disana seperti langit dan bumi,” jelas Alex.

Untuk itu, Alex mengungkapkan kegiatan ini hanya meminta kepedulian masyarakat yang ada di Sumsel. Namun orang nomor satu di Sumsel saat menghadiri kegiatan tersebut sedikit kecewa, disebabkan dari 95% masyarakat muslim di Sumsel terutama Palembang, hanya setengah yang hadir dalam gedung kegiatan.

Oleh sebab itu, Alex menegaskan seusai dua agenda besar yang akan ada di Sumsel yakni Pilkada serentak 2018, dan Asian Games. Konser amal kemanusiaan peduli Palestina, akan diadakan lagi agar dapat memberikan kepedulian lebih banyak lagi untuk rakyat Palestina terutama anak-anak.

“Kita akan mengadakan lagi kegiatan ini, dengan ajak seluruh Sumsel. Semua ini tidak ada maksud lain hanya peduli anak-anak. Ayo mari peduli sesama manusia,” pungkasnya.

Pada acara ini, dilaksanakan pula pelantikan KNRP Sumsel oleh Sekretaris Jenderal KNRP, Suhartono. Adapun susunan pengurus KNRP Sumsel masa bakti 2017-2020, yakni Ketua diamanahkan kepada Mochammad Siswandi SSi, Sekretaris dijabat oleh Julihardi ST, Bendahara dijabat oleh Siswoyo ST. Kemudian Abdullah SKep sebagai Ketua Bidang Program, Windo Putra Wijaya Lc MA sebagai Ketua BIdang Sosialisasi dan Edukasi, dan M Ikhsan sebagai Ketua Bidang Humas dan Media.

Sementara itu Ketua KNRP Sumatera Selatan, Mochammad Siswandi, bahwa konser ini KNRP ingin memberikan pesan kepada umat Islam yang ada di Sumsel tentang kondisi terkini Palestina. Pesan ini hendaknya disadari dan agar umat Islam peduli kepada kondisi Palestina.

“Kita mempunyai kewajiban untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Nanti akan ditunjukkan tayangan video dan penjelasan dari syeikh mengenai kondisi terkini Palestina. Dari sini akan muncul dan tergeraknya hati masyarakat untuk mendukung lewat penggalangan dana. Siapa saja bangsa Indonesia yang tergerak membantu walau secuil akan meringankan beban mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia optimis dua miliar akan terkumpul dalam kegiatan pengumpulan donasi amal kepedulian dari masyarakat Sumsel untuk Palestina

“Dua miliar tersebut bukan hanya bentuk uang tetapi benda, seperti cincin emas, bahkan replika masjid Al Aqsa yang dibuat oleh putra Indonesia dari Jepara telah dilelang, intinya apapun bentuknya insya Allah kita akan terima,” urainya

Ia juga menambahkan dari donasi tersebut akan disalurkan untuk bantuan rumah sakit, ambulan, pendidikan, dan lain sebagainya di Palestina.

“Terakhir, 25 Februari kita menyalurkan hampir Rp 10 M ke beberapa tempat, baik langsung ke Palestina maupun di penampungan di negara lain, seperti di Turki Selatan, Lebanon Selatan, Suriah,” katanya. (MDN)