PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru didampingi Walikota Palembang H. Harnojoyo meresmikan Kantor Pusat PT. Bank Perkreditan Rakyat Berkat Sejati Palembang di Jalan Kapten A. Rivai No. 9, Senin(29/10).
Dikatakan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat ini keadaan perekonomian memang dalam keadaan baik. Salah satu indikatornya adalah banyaknya muncul usaha-usaha di bidang perbankan.
“Dengan diresmikannya Bank BPR dan dengan banyaknya kehadiran usaha-usaha perbankan atau usaha yang mengelola finance merupakan salah satu indikator bahwa ekonomi kita baik,”ujarnya.
HD menambahkan bahwa dengan dibukanya PT. BPR Berkat Sejati ini merupakan upaya untuk menumbuhkan lapangan kerja yang baru bagi pemuda dan pemudi di Sumatera Selatan.
Tak hanya itu, HD meminta kepada pihak manajemen Bank agar mengutamakan SDM tenaga kerja lokal dibanding tenaga kerja luar untuk dipekerjakan.
HD juga mengimbau kepada pihak manajemen agar mengedukasi tentang pentingnya perbankan serta bagaimana mengelola keuangan dengan benar  kepada masyarakat.
Menurutnya jajaran PT. BPR Berkat Sejati  selain memberikan permodalan juga  harus mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai perbankan. “Jangan masyarakat hanya tau bank itu cuma sekedar,” ujarnya.
Dalam menjalankan bisnisnya HD meminya pihak manajemen bank mampu selektif dalam memilih nasabah yang benar-benar layak menerima kredit seperti pengusaha-pengusaha kecil yang membutuhkan modal.
“Karena segmen BPR ini adalah UMKM, itu harus jeli memilih UMKM yang sejati , yang layak di berikan bukan pura-pura UMKM, maka saya ingin seleksi dalam menentukan nasabah untuk memberikan kredit, karna banyak pengusaha besar mengkapitalisasi situasi sehingga seakan-akan UMKM, padahal pengusaha besar”jelasnya.
HD juga mengharapkan perhatian dari BPR Berkat Sejati yang merupakan bagian Thamrin Grup ini, agar memberikan perhatian melalui program CSR terhadap kebutuhan ruang publik di kota Palembang yang membutuhkan tambahan taman dan kotak sampah.Elysa selaku pemegang saham PT. BPR Berkat Sejati mengatakan bahwa kota Palembang merupakan kota yang memiliki potensi ekonomi yang pesat. Itu merupakan salah satu alasan untuk memilih kontribusi di Sumsel dalam dunia perbankan.
“Kontribusi dalam dunia perbankan ini dilakukan setelah melewati berbagai pertimbangan, bahwa Palembang merupakan kota yang memiliki potensi ekonomi dengan tingkat pertumbuhan yang relatif pesat, juga merupakan sentra bisnis dan pintu utama arus perdagangan di Sumsel”ujarnya.
Elysa juga menambahkan kehadiran BPR Berkat Sejati ini untuk menjadi bagian penting dan berhimpun dalam menyalurkan dana nasabah serta untuk memajukan Kota Palembang.
Dalam acara peresmian ini, Basri selaku kepala bagian pengawasan perbankan OJK kantor regional VII Sumbagsel mengajak pihak manajemen Bank agar beroperasional secara hati-hati dan sesuai dengan ketentuan standar operasional prosedur yang berlaku. “Marilah kita beroperasional secara berhati-hati, karna ada beberapa di tahun-tahun ini, ada yg kurang sehat dalam menjalanakan operasional, tentu harus dengan SOP”ujarnya.