PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel menyarankan kepada seluruh dinas kependudukan dan catatan silpi (Dukcapil) Se-sumsel, untuk menyemput bola dan jangan duduk saja menuggu, Guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Sumsel.
Hal ini dikatakan langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru Saat mengunjungi Ducapil Kota Palembang, dan sekaligus mengambil Kartu Identitas Anak (KIA) untuk sang cucu, Kamis (31/1/2019).
Menurutnya, Dukcapil kota dan kabupaten agar perbanyak jemput bola, jangan hanya berdiam diri saja di kantor. Tapi lebih  proaktif turun ke desa-desa, kampung, untuk melayani masyarakat dalam hal membuat kartu tanda penduduk (KTP), akte, kartu keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), hingga kartu kematian.
“Untuk saat ini, saya mengapresiasi kinerja Ducapil Kota Palembang yang sudah proaktif untuk jemput bola dalam pelayanannya. Oleh sebab itu, pelayanan yang ada ini terus ditingkatkan agar tercipta kenyamanan bagi masyarakat,” katanya
Ia juga berharap, pelayanan yang proaktif dengan cara jemput bola ini tentunya bukan dilakukan Palembang saja. Tetapi hal ini, agar dapat dilakukan diseluruh kabupaten/kota yang ada di Sumsel.
“Saya dulu saat jadi Bupati pelayanan Dukcapil sendiri diberlakukan sistem zonalisasi, hasilnya sangat baik bisa dikatakan seluruh penduduk yang ada di OKU Timur memiliki KTP. Saya ingin hal tersebut dilakukan diseluruh kabupaten/kota di Sumsel, karena untuk merumuskan kebijakan itu salah satunya jumlah penduduk,” pungkasnya
Ia mengimbau kepada orangtua yang mempunyai anak di dibawah usia 17 tahu agar putra- putrinya didaftarakan menjadi peserta KIA.
“Ini sebagai awal data seorang yang nantinya menjadi tujuan bersama. Saya yakin kedepan di Indonesia akan menerapkan satu kartu identitas saja,” tutupnya