PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membantu korban kebakaran yang terjadi di RT 18 RW 03 Kelurahan 1 Ulu Palembang. Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Keluarganya turun langsung memberikan bantuan kepada korban yang terkena musibah kebakaran.
“Pemerintah Provinsi Sumsel turut berduka atas bencana ini, untuk itu kami memberikan bantuan sementara bagi para warga yang terkena bencana,” kata Deru, Kamis (16/5/2019).
Deru menjelaskan, pemerintah tidak akan tinggal diam jika ada masyarakatnya yang terkena musibah. Menurutnya, bantuan yang berikan oleh pihaknya merupakan bentuk perhatian dari pemerintah kepada masyarakatnya.
“Ini ujian, jngan jadikan ini sebuah kemarahan kepada tuhan karena kita tidak bisa terima. Kita harus terima ujian ini karena akan meningkatkan derajat kita di mata sang penguasa. Jadi harus kita hadapi segala bentuk ujian ini,” ungkapnya.
Lanjutnya, bantuan yang di berikan oleh Pemerintah ini hanya sementara. Untuk itu, dirinya meminta agar para tetangga atau keluarga korban mau membantu para korban ini terlebih dahulu minimal memberikan tempat berteduh sementara untuk mereka.
“Kedepan kami akan usulkan kepada Kementrian Sosial agar rumah – rumah yang terbakar bisa di bangun kembali,” tukasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Provinsi Sumsel Rasyidin Hasan menjelaskan jika ada 18 Item bantuan yang di berikan kepada 26 KK yang terkena bencana, diantaranya beras dan uang.
“Beras kami salurkan sebanyak 1 Ton untuk seluruh Korban, sementara uang satu jiwanya di berikan sebesar 500 ribu ada juga item lainya seperti mi instan dan pakaian,” jelas Hasan.
Lanjut Hasan, kementrian juga telah memberikan bantuan pertamanya kepada korban. Dari bantuan itu, berupa nominal uang yakni satu rumah bisa mendapatkan 15-20 juta.
” Paling kecil itu 15 juta untuk satu rumah, tapi jika di dalam rumahe ada warung atau tempat mereka usaha, itu akan di bantu sebesar 20 juta. Kedepan kami juga akan masukan usulan kepada Kementrian Sosial untuk membangun kembali rumah – rumah yang terbakar ini,” singkatnya.
Diketahuai, Bencana Kebakaran yang terjadi di Jalan Faqih Usman Lorong Hijrah RT 18 RW 03 Kelurahan 1 Ulu Kecamatan SU I Palembang, Rabu (15/5/2019) pukul 08.00 WIB menghanguskan sedikitnya 10 rumah dan satu bangunan Bedeng. Api diduga berasal dari kompor gas meledak dari rumah salah seorang warga. Terdapat 26 Kk yang menjadi korban dalam bencana ini.