PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui Kadis Kominfo Prov Sumsel H Achmad Rizwan, SSTP, MM, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Dialog Publik & Pelantikan Lembaga Pengembangan Keprofesian Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palembang sebagai salah satu langkah mendukung program Pemprov Sumsel dan seluruh Pemda termasuk Pemkot Palembang dalam revolusi industri 4.0. yang nantinya akan bermuara pada Sumsel Maju Untuk Semua.

Hal tersebut diungkapkan HD melalui Rizwan saat menjadi narasumber dalam kegiatan ini yg bertema “Optimalisasi Peran Lembaga & Keprofesian HMI Sebagai Problem Solver Menuju Palembang Emas Darussalam Yang Bermuara Pada Sumsel Maju Untuk Semua”.

Dijelaskannya thn 2019, Gubernur Sumsel menginisiasi peluncuran program Web Desa 170 Desa & Internet Desa dengan 34 Desa untuk menggambarkan & mengembangkan potensi desa, yang berupa ekonomi dan wisata.

Menurutnya program internet desa akan terus ditambah di tahun ini pada desa lainnya sesuai kebutuhan. Hal ini sesuai dengan program Gubernur Sumsel yang ingin meningkatkan konektivitas antar daerah agar tidak ada desa tertinggal.

“Seiring dengan itu, Pemprov melalui Diskominfo Sumsel juga melakukan literasi digital untuk menekan penyebaran berita hoaks, ke seluruh Kab/Kota mulai dari siswa hingga orang dewasa & meminta Diskominfo Kab/Kota untuk memberikan edukasi bijak bermedia sosial,” jelasnya.

Rizwan mengatakan, peran mahasiswa juga sangat penting dalam menanggulangi berita hoaks. Ia berharap rekan-rekan HMI dpt lebih aktif terhadap program pembangunan yang digagas Gubernur HD terutama pemanfaatan web & internet desa di Sumsel.

Ketua Umum HMI Kota Palembang, Eko Hendiono, mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat & bakat dari kader-kader HMI sesuai fungsi lembaga masing-masing.