PALEMBANG,HS – Empat orang mahasiswa perwakilan Universitas Sriwijaya (Unsri) yang tergabung dalam tim International Genetically Engineered Machine (iGEM) Competition, Rabu (14/11) siang beraudiensi dengan Gubernur Sumsel Herman Deru. Kedatangan mahasiswa-mahasiswi berprestasi ini dalam rangka meminta dukungan dan restu dari Gubernur Sumsel untuk bersaing dalam kompetisi iGEM di Boston akhir 2019 mendatang.
Adapun empat mahasiswa yang tergabung dalam tim iGEM Unsri tersebut masing-masing yakni Muhammad Rafli Haiqal, Ratu Tenny Leriva Deru, Vincent Scorsinhi dan Dimas Pratama.
Perwakilan Tim iGEM Unsri, Vincent menjelaskan iGEM merupakan sebuah organisasi independen non-profit yang berdedikasi kepada kemajuan biologi sintetis, pendidikan dan perkembangan dari komunitas terbuka.
Adapun kompetisi iGEM bertujuan untuk memberikan peluang kepada seluruh siswa di dunia untuk menembus batasan dari biologi sintetis dengan menyentuh isu sehari-hari. Kompetisi ini digelar pada musim panas 31 Oktober hingga 4 November 2019 di Boston, Massachusetts. Setiap tahun tak kurang 6000 peserta berkumpul dalam agenda iGEM tersebut.
“Kompetisi ini dibentuk oleh mahasiswa, tim multidisiplin yang bekerjasama untuk merancang, membangun, menguji dan mengukur sebuah sistem rancangan mereka menggunakan bagian biologis dan teknik biologi molekuler standar. Kompetisi ini juga menginspirasi inovasi yang bertanggungjawab terhadap biosafety, biosecurity dan public outreach,”  jelasnya.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan khususnya di Sumsel. Kemudian untuk mengasah kemampuan akademik serta daya saing mahasiswa Unsri melalui kompetisi biosintetic and research dalam forum internasional serta meningkatkan eksistensi mahasiswa Indonesia khususnya Unsri dan Provinsi Sumsel di tingkat internasional.
“Ini juga dapat membantu meningkatkan perkembangan ilmu kesehatan dna ilmu biologi sintetik di Indonesia,” paparnya.
Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku sangat senang dengan mahasiswa yang aktif menambah ilmu seperti tim perwakilan Unsri ini. Karena itu HD pun menyetujui agar tim ini ikut mendaftar kompetisi tersebut.
” Untuk pendaftaran  kita pastikan akan disupport. Namun untuk kebutuhan lainnya, kita coba dulu usahakan bersama-sama cari melalui sponsor,” ujarnya singkat.