PALEMBANG,HS – Kunjungan Walikota Palembang Harnojoyo setiap hari sabtu pagi untuk memberi motivasi kepada para siswa serta melaksanakan operasi semut, kali ini Harnjoyo juga melantik pengurus Gerhana (Gerakan Hebat Anti Narkoba).

Usai melaksanakan shalat subuh berjamaah, Harnojoyo langsung mengunjungi SMPN 29 yang merupakan salah satu SMP yang mendapatkan adiwiyata tingkat Nasional tahun 2016, Sabtu (11/3).
Di sekolah tersebut Harnojoyo disambut meriah oleh para murid dan guru, mereka sangat bangga dengan kehadiran orang nomor satu di Kota Palembang tersebut. Acara diawali dengan pelantikan pengurus Gerhana dan sekaligus mensosialisasikan enam tempat wisata khas kota Palembang. Hal ini dilakukan untuk menuju Palembang Emas dan Sea Games 2018.
Walikota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos mengatakan agenda ini rutin dilakukan pihaknya dalam beberapa bulan lalu, dan saat ini pihaknya tengah melantik Gerhana SMPN 29 Palembang. Dimana mereka ini mendapat Adiwiyata tingkat Nasional, diketahui SMPN 29 Palembang merupakan salah satu dari 16 SMP yang meraih Adiwiyata di tingkat Nasional. “Tidak kalah pentingnya, kita mengajak anak sekolah melakukan Operasi semut.
Pihaknya bersama Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang bersama Dinas terkait, akan terus mensosialisasikan mengenai kunjungan ke 6 tempat wisata diantaranya, Benteng kuto Besak, Pulau Kemarau, Al-Quran Terbesar, Kampung Kapitan, Bukit Siguntang dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Bukan hanya 6 tempat wisata saja yang bisa dikunjungi, tapi semua wisata di kota Palembang sangat banyak. Oleh karena itulah, pihaknya tengah menjadikan prioritas untuk mempromosikan dimana saja tempat lebih bagus buat turis domestik dan Mancanegara.

“Mengapa pihaknya mensosialisasikan tempat wisata, karena saat ini Palembang bakal menjadi pusat penyelenggaraan Asian Games 2018,” ungkapnya.
Dalam arahannya Harnojoyo mengajak para siswa untuk menjaga kebersihan Harnojoyo juga mengajak pelajar juga untuk menjauhi narkoba karena dampaknya sangat negatif, “Mari anak-anakku sekalian jangan pernah sentuh yang namanya narkoba apalagi mencoba memakainya, sangat buruk dampaknya, jika kalian ingin sukses jauhilah narkoba” Ujar Harnojoyo.
Selain memberikan arahan tentang bahaya narkoba Harnojoyo juga memberikan motivasi tentang pentingnya menjaga kebersihan, khususnya kebersihan di lingkungan sekolah,

 

“Anak-anak sekalian harus menjadi pelopor kebersihan, harus menjadi contoh, karena kalian inilah generasi penerus yang akan memutus mata rantai perilaku buruk masyarakat kita” Terang Harnojoyo.
Dia berharap, bagi pelajar yang sudah dilantik menjadi pengurus, untuk dapat berperan aktif melawan narkoba dimulai dari lingkungan sekolahnya.Selanjutnya, dengan adanya rasa tanggungjawab yang diberikan, anak-anak sekolah dapat menjadi panutan bagi sesama pelajar.

 

“Setelah jadi pengurus, pastinya mereka yang terpilih akan terbebani dan dapat memberikan tauladan bagi teman satu sekolahnya, untuk menjauhi narkoba,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 29 Palembang Mardiana.HM, S.Pd.M.Si menerangkan, pengurus Gerhana yang dipilih oleh pihaknya, merupakan siswa dari kelas VII sampai Kelas VIII dari perwakilan berbagai kelas dan saat ini ada 25 siswa dilantik dalam Gerhana.

 

“Kita ambil dari perwakilan kelas, agar mereka bisa menjadi pembina disetiap kelasnya,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut disampaikan Mardiana, adapun program-program yang sudah disiapkan pihaknya agar pengurus Gerhana SMP Negeri 29 bisa lebih aktif, adalah dengan merencanakan berbagai kegiatan sosialisasi yang akan diisi oleh para siswa itu sendiri.

 

“Jadi akan ada sosialisasu disetiap kelas, tentang bahaya narkoba. Dimana, mereka yang sudah dilantik akan aktif dilibatkan,” ucapnya (HSN)
.

.