BENGKULU,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  (Sumsel) berupaya maksimal memberikan kontribusinya dalam percepatan pembangunan nasional. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman disela-sela menghadiri welcome dinner para rapat koordinasi (Rakor) para  gubernur  Se-Sumatera, Senin (8/7) di Bengkulu.

Dikatakan,  dalam rakor yang digelar, selama dua hari tersebut,dirinya akan melihat sejauh mana potensi dan kebutuhan dari masing-masing  provinsi di pulau Sumatera.

“Hari ini kita para gubernur di pulau Sumatera bertemu melakukan rakor, tujuannya tidak lain untuk menyamakan visi dalam upaya memberikan kontribusi Sumatera terhadap percepatan pembangunan negara ini secara nasional,” ungkapnya.

Menurut Herman Deru, selaku pimpinan dari masing-masing provinsi yang ada di pulau Sumatera, dirinya sepakat tidak ada sifat egois di dalam menyamakan persipsi dan tujuan bersama.

“Nanti   hasil rakor ini akan kita  dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (Mou) Raflesia atau Mou Sumatera dengan tetap memperhatikan potensi dan nilai budaya dari masing-masing provinsi,” imbuhnya.

Sementara itu Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah secara resmi membuka rakor Gubernur se-Sumatera tahun 2019 dengan tuan rumah Provinsi Bengkulu  dengan mengusung tema “Peningkatan Peran Pulau Sumatera dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional”.

“Rakor ini ini akan membahas permasalahan yang ada di Sumatera,  selain itu bertujuan memperkuat silahturahmi diantara para kepala daerah  dalam rangka  membangun pulau Sumatera  yang kita harapkan akan berimbas pada  peningkatan perekonomian nasional,” jelasnya.

Dia berharap para gubernur yang ada di  pulau Sumatera dapat memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran dan lainnya dalam percepatan pembangunan nasional. Mengingat Sumatera  merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia.  Bahkan Sumatera dikenal dengan segitiga kopi yang berasal dari tiga provinsi yaitu Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung.

“Potensi ini kita harapan dapat dimaksimalkan disamping terus menggali potensi potensial lainnya,” tambahnya.

Dalam pembukaan rakor di Bengkulu kali ini  dihadiri langsung oleh enam orang gubernur yakni selain Gubernur  Sumsel H. Herman Deru, Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT.  Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit,  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi , Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Gubernur Riau Syamsuar.

Rakot  digelar selama  dua hari  dimulai tanggal 8 hingga 10 Juli 2019 yang pembukaannya ditandai dengan pemukulan bedug bersama  oleh para gubernur dipulau Sumatera.