PRABUMULIH, HALUAN SUMATERA – Usai menghadiri pesta ulang tahun seorang anak pada Minggu (14/8) di Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih, Sumatera Selatan, puluhan warga mengalami mual, muntah, kepala pusing dan rasa gemetar di sekujur tubuh.

Informasi yang dihimpun, dalam acara pesta ulang tahun dua anak pasangan Rudin (26) dan Devi Septiana Sari (32), yakni ultah Vioni Agustin Putri ke 6 tahun dan anak keduanya Alika ke 2 tahun, disajikan makanan khas Palembang berupa tekwan.

Seusai menyantap makanan tekwan, sejam kemudian seluruh warga yang hadir merasa mual, kepala pusing dan gemetar di sekujur tubuh. Para korban yang sebagian besar anak-anak usia 2 hingga 10 tahun dan ibu-ibu tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih untuk menjalani perawatan.

Direktur RSUD Prabumulih, dr Rusmini melalui Kepala Bagian Medical, Adi Kuonto membenarkan adanya pasien yang mengalami keracunan ini.

“Sebanyak 38 pasien yang telah dirawat di rumah sakit umum namun dua pasien sudah dirawat jalan,” jelasnya.

Peristiwa ini rupanya menarik perhatian Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Prabumulih dan beberapa pejabat yang langsung menjenguk warganya, Senin (15/8).

“Ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot terhadap wargnya. Kita juga ingin mengetahui apa sebetulnya penyebab kejadian ini sebenarnya,” ujar Ridho. (HS)