Muratara,HS-Pemerintah Daerah (Pemda) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas pendidikan mengelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 di Halaman Pemda,Rabu,(2/5/18)

Hadir, Bupati Muratara H M Syarif Hidayat, Sekda Abdullah Makcik, Plt Dinas pendidikan Ratnawati, seluru kepala OPD, KUPT, kepala sekolah, guru, siswa/i serta tamu undangan lainnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy melalui Bupati Muratara H M Syarif Hidayat membacakan pidato Hardiknas.
Dalam pidatonyo dikatakan, Hardiknas menyonsong tema “Penguatan pendidikan dan memajukan budaya sebagai akar pendidikan karakter”.

Mementum ini juga sebagai Muhasaba.
Pendidikan nasional bersama kebudayaan adalah akar, maka tumpah darah, akar subur menjadi modal hidupnya tanaman, begitupun pendidikan dengan SDM dan siswanya.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 5 Tahun 2017 pendidikan dan kebudayaan sebagai ruh memajukan Negara. Atas dasar itu, pemerintah berikhtiar untuk memajukan pendidikan. Oleh karena itu juga, satukan tekat memajukan pendidikan, tak kenal lelah.

Lanjut Bupati, Kita sadar pendidikan masih jauh dari harapan, namun kita terus dan menerus memperbaiki itu dengan mempermudah akses pendidikan. Indonesia sebagai adidaya, power pendidkan hal itulah yang dikatakan fransisco.

Oleh sebab itu pemerintah akan mengedepankan pembangunan infrastruktur dasar pada setiap Kabupaten.
Presiden akan mengedepankan penguatan SDM dalam memajukan pendidikan.

Misalnya lemah mentalitas anak kita terhadap galaknya medos, maka mendikbud melalui program nawacita.
Dan diperkuat perpres pendidikan karakter.

Olahati olahrasa dan olahraga yang Bekerjasama dengan masyarakat melakukan gerakan revolusi mental dan penguatan karakter.

“momentum ini, Guru, orang tua dan warga harus menjadi penguat pendidikan karakter anak anak.”pesan H M Syarif Hidayat.

Sementara itu, Plt Dinas pendidikan Muratara Ratnawati mengatakan, sesuai dengan tema menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan sebagai akar pendidikan. Dan pendidikan itu sendiri sesuai dengan nawacita presiden RI

“kepada insan pendidikan yang ada semua pojok Muratara, sesuai dengan tema agar memperkuat pendidikan yang ada, “katanya

Sambungnya, melalui olahkasih, olahati dan olahraga dan kami juga amanahkan literasi kepada insan guru agar tercapainya pendidikan karakter yang maju.

Ditambahnya, dan kami juga amanahkan kepada insan pendidikan untuk memajukan kebudayaan yang ada di Muratara, karena pendidikan dengan kebudayaan tidak bisa dipisahkan dalam memajukan dunia pendidikan karakter.

Ratna berpesan kepada semua siswa maupun siswi untuk mengharga dan menghormati para insan pendidikan.
“kalau tidak menghargai guru, para siswa susah untuk menerimah pelajaran yang diberikan. Hormati guru, “pesannya

Lanjutnya, bagi para insan pendidik untuk tetap semangat, jangan merasa lelah dalam mendidikan demi mencerdaskan anak bangsa, terkhusus anak anak Muratara.