1

PALEMBANG, HS – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam rangka mengurangi genangan air ketika hujan, selain membangun pompanisasi sungai bendung, Pemkot Palembang juga melakukan normalisasi drainase di beberapa titik yang dianggap sebagai penyebab terjadinya genengan air ketika hari hujan.

Seperti yang dilakukan tim dari Dinas Pekerjaan Umum, Jumat (9/9) dini hari, menormalisasi drainase di sepanjang Jalan Letkol Iskandar, Kota Palembang. Walikota Palembang Harnojoyo juga ikut turun meninjau aktifitas normalisasi drainase tersebut.  Tepat pukul 00.15 WIB, Harnojoyo tiba di lokasi dan memantau langsung proses pengerjaan normalisasi.

Tampak jelas drainase yang menjadi saluran air ketika dibuka penutupnya dipenuhi dengan sampah yang didominasi sampah plastik. Melihat kondisi ini, Harnojoyo pun merasa sangat miris.

“Sangat miris kondisinya, kalau seperti ini wajar jika hujan langsung tergenang jalanan, drainase hampir penuh oleh tumpukan sampah plastik,” Harnojoyo berkata.

Harnojoyo menghimbau kepada masyarakat untuk sadar terhadap lingkungan. Ia berpesan, jangan membuang sampah sembarangan terutama di saluran drainase.

“Kalau melihat kondisi seperti ini masihkah masyarakat ingin membuang sampah sembarangan? Karena sampah ini sumber bencana, pemerintah dan masyarakat harus selaras, pemerintah sudah berupaya tinggal kesadaran masyarakat yang ditumbuhkan,” ungkap Harnojoyo seraya berucap normalisasi drainase ini akan terus dilakukan di titik-titik rawan genangan,

“Semoga akan mengurangi genangan dengan normalisasi drainase ini,” cetusnya.

Persis pukul 01.00 WIB dini hari, Harnojoyo beranjak meninggalkan lokasi, sementara Tim PU terus bekerja menyelesaikan tumpukan sampah yang masih terlihat. (UDI)