973647_04260212042016_Harobin-Mustofa

PALEMBANG,HALUAN SUMATERA – Setelah menerima tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang hasil seleksi yang dilaksanakan panitia seleksi (pansel) pada tanggal 15 Agustus lalu, Wali Kota Palembang Harnojoyo akhirnya menentukan satu nama yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah Kota Palembang. Sebelumnya, Harnojoyo juga sudah mengkonsultasikan prihal ini ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, beberapa waktu lalu.

Dari tiga nama yang lolos seleksi Pansel, yakni Harobin Mustafa, Kurniawan dan Isnaini Madani, akhirnya terpilih Harobin Mustafa, untuk menjadi Sekda Kota Palembang.

“Harobin Mustafa mendapatkan nilai tertinggi. Ini juga sudah hasil konsultasi dengan Gubernur. Insya Allah, Senin nanti akan segera dilantik,” ujar Harnojoyo, saat di temui wartawan di kediaman dinas Walikota di Jalan Tasik.

Lebih lanjut Harnojoyo menjelaskan, keputusan dipilihnya nama Harobin Musafa yang kini menjabat Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, karena kapabilitas dan senioritas yang dimiliki, membuat dirinya mendapat nilai tertinggi diatas nilai dua calon lainnya.

“Ini sesuai dengan aturan Komisi Aparatur Negara (KASN). Hasil ini langsung dilaporkan ke KASN. Dan akan dilantik, mungkin Senin (22/8) nanti,” jelasnya.

Harnojoyo menyampaikan, untuk pelantikan Sekda Kota Palembang kali ini, akan dilakukan oleh dirinya selaku kepala daerah. Dimana, berdasarkan aturan sekarang, Sekda yang merupakan Jabatan Tinggi Pratama, sama dengan jabatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Yang membedakannya hanya, sebelum dilantik, Sekda harus dikoordinasikan dengan Gubernur,” terangnya.

Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan jadwal pelantikan Sekda, yang rencananya akan dilaksanakan di ruang Parameswara Palembang.

Dengan keberadaan Sekda definitif, dirinya berharap dapat meringankan pekerjaan, serta dapat melaksanakan sistem administrasi Sekretariat dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih profesional.

Seperti diketahui sebelumnya, lelang jabatan terbatas untuk posisi Sekda Kota Palembang, diikuti oleh tujuh calon yang melakukan pendafaran. Dari tujuh calon, enam orang lolos seleksi administrasi. Yakni, Harobin Mustofa, Asisten I bidang Pemerintahan Setda Kota Palembang, Isnaini Madani, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Sudirman Tegoeh menjabat Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi.

Kemudian, Ana Heryana Staf Ahli Bidang Sosial Masyarakat (Sosmas), Kurniawan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Pelaksana tugas (Plt) Sekda Palembang, dan Faizal AR menjabat Kepala Dinas Sosial (Dinsos).

Dari enam orang yang melaksanakan tahapan selanjutnya pada tanggal 15 Agustus lalu, dihasilkan tiga nama dengan standar nilai teringgi berdasarkan penilaian seperti seleksi administrasi, FGD dan wawancara, portopolio / rekam jejak juga hasil assessment oleh lembaga berkompenten.

Yakni, Harobin Mustafa, Kurniawan dan Isnaini Madani. Dimana, hasil diserahkan langsung ke Walikota, dan berdasarkan hasil yang didapati, Harobin mustafa terpilh karena memiliki nilai tertinggi, serta pengalaman dan rekam jejak yang dimiliki dianggap pantas menduduki kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kota Palembang.(And)