Harteknas

JAKARTA, HALUAN SUMATERA – Rangkaian peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) ke-21 yang dimulai pada 31 Mei 2016 hingga kini menggelorakan semangat inovasi di bidang riset teknologi dan pendidikan.

“Sejak diluncurkan 31 Mei 2016 di Semarang, hingga hari ini seluruh rangkaian kegiatan Hakteknas 21 yang diorganisir kepanitiaan nasional, terus menggelorakan semangat inovasi,” kata Ketua Harian Panitia Nasional, Ophir Sumule, Sabtu (20/8).

Adapun rangkaian kegiatan Harteknas tersebut antara lain seminar, workshop dan pertemuan tahunan yang berjumlah 14 dengan total peserta sekitar 3.000 orang. Acara puncak dihadiri 1.760 orang atau melebihi undangan yang didistribusikan panitia sejumlah 1.500 lembar.

Dalam rangkaian kegiatan ilmiah tersebut hadir mahasiswa Bidikmisi, SM3T dan Adik yang berjumlah 1.500 orang dan kegiatan kuliah umum Panglima TNI yang dilanjutkan dengan acara simposium alusista serta nonton bareng bersama Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Pada kegiatan Ritech Expo sebanyak 155 stand peserta dari dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga litbang, berbagai kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Ada dua zonasi di RiTech Expo, yaitu zona umum dan zona khusus. Tiap zona akan memiliki perbedaan dalam karya-karya inovasi yang ditampilkan.

Zona umum akan berisikan inovasi di sektor pangan dan kesehatan, transportasi dan teknologi informasi serta komunikasi, energi, maritim serta pertahanan dan keamanan. Sedangkan untuk zona khusus diisi oleh karya dari Kemenristekdikti, para dosen dan mahasiswa, serta industri kreatif digital.

“Animo dan perhatian khlayak akan gelora inovasi terus terasa. Pada acara puncak di Solo, terdapat 19 universitas/politeknik yang serentak mengadakan acara peringatan Hakteknas ke-21 di kampus masing-masing,” imbuh Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe. (Hs)