Arema FC menjuarai Piala Presiden 2017.

BOGOR, HS – Arema FC tampil perkasa di final dan sukses menjadi juara Piala Presiden 2017 setelah menang telak 5-1 atas Pusamania Borneo FC. Ini gelar kedua Singo Edan di turnamen pramusim setelah sebelumnya mereka berhasil menjuarai Trofeo Bhayangkara 2017, akhir Januari lalu.

Pertandingan puncak yang digelar di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (12/3) tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sejak babak pertama dimulai kedua tim tampil cepat dengan permainan terbuka yang menghadirkan banyak serangan dan peluang gol di jantung pertahanan kedua kesebelasan.

Menit ke 30, terjadi kemelut di depan gawang PBFC yang mampu dimaksimalkan oleh Hanif Sjahbandi untuk menjadi sebuah gol. Arema FC unggul satu gol atas PBFC.

Gol Arema ini rupanya menganggu konsentrasi dan disiplin pemain bertahan PBFC. Menit 38, Michael Yansen Orah melakukan kesalahan fatal yang berakhir dengan gol bunuh diri. Berupaya menyelamatkan bola dari gangguan strike Arema, Cristian Gonzales, Orah mengirim bola ke belakang. Namun kiper Wawan gagal mengantisipasi bola hingga bergulir ke gawang Pesut Etam. PBFC tertinggal dua gol dari Arema.

Kebobolan dengan cara yang menyesakkan, pemain PBFC makin panik, terlebih pilar mereka, Kunihiro Yamashita mengalami cedera dan terpaksa digantikan oleh Firly Apriansyah.

Menit 42, Cristian Gonzales mencetak gol untuk memulai hattrick nya di pertandingan final Piala Presiden 2017. Kali ini pemain PBFC asal Liberia, Dirkir Kohn Glay yang gagal melakukan clearence. Gonzales berhasil menguasai bola dan tendangan kerasnya menghujam gawang Wawan Hendrawan. Skor 3-0 untuk Arema FC bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, PBFC mencoba bangkit dan melakukan perlawanan untuk mengubah papan skor. Namun demikian, pemain Arema FC tampil disiplin dan mampu meredam setiap serangan pemain PBFC.

Arema bahkan mampu membangun serangan dan melalui serangan cepat dari bola kaki ke kaki. Di menit 53, Gonzales sukses memanfaatkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti melalui sepakan datar ke arah tiang jauh yang sulit dijangkau kiper Wawan. Arema unggul jauh 4-0.

PBFC coba membalas melalui Patrich Wanggai, namun sundulannya masih membentur mistar gawang. Demikian pula sepakan Fandy Achmad yang masih bisa ditepis oleh kiper Arema, Kurnia Meiga. Selanjutnya, tandukan kepala Reinaldo kembali hanya menemui mistar, dan bola liar hasil pantulannya yang dicocor pemain PBFC masih melenceng ke sisi gawang Arema.

Di tengah rasa frustasi pemain PBFC, Gonzales kembali sukses mencetak gol kelima Arema sekaligus membukukan hattrick-nya.

Pemain PBFC akhirnya mampu membobol gawang Kurnia Meiga pada menit ke 69. Firly berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Arema FC melalui tandukannya yang tak mampu diantisipasi Meiga yang salah langkah.

Selanjutnya sejumlah peluang didapat oleh pemain kedua tim namun tak ada lagi gol yang tercipta. Pertandingan berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Arema FC atas PBFC. (MIM)

 

Peraih penghargaan Piala Presiden 2017:

Juara                                : Arema FC

Runner-up                       : PBFC

Peringkat III                    : Persib Bandung (kalahkan Semen Padang dengan skor 1-0)

Pemain Terbaik               : Adam Alis

Topskorer                         : Cristian Gonzales (11 gol)

Pemain Muda Terbaik   : Febri Hariyadi

Wasit terbaik                   : Musthofa Umarella

Suporter Terbaik             : Bobotoh (Suporter Persib Bandung)