Striker Barcelona, Lionel Messi.

Striker Barcelona, Lionel Messi.

BARCELONA, HS – Barcelona meraih kemenangan pada lanjutan Liga Champions Eropa saat menjamu Manchester City dengan skor 4-0. Lionel Messi menjadi bintang lapangan setelah melesakkan tiga gol, sementara satu gol disumbangkan Neymar.

Tampil di Camp Nou pada Kamis (20/10) kejutan dibuat oleh Pep Guardiola ketika ia memasang formasi 4-2-3-1 tanpa seorang penyerang murni.

Sergio Aguero dicadangkan sementara Kevin De Bruyne didorong mengisi posisinya. Barcelona, yang di laga ini juga mempertahankan formasi ‘aneh’ 3-4-3, sempat terpukul ketika Jordi Alba harus ditarik keluar pada menit sembilan karena cedera.

Tapi menit 17, Messi menunjukkan aksinya. Menembus sisi kanan City, Messi mengirim umpan terobosan yang dikembalikan dengan tumit oleh Andres Iniesta.

Jatuhnya Fernandinho membuka lebar-lebar pertahanan lawan yang dimanfaatkan La Pulga. Ia mengecoh Claudio Bravo, lantas mengirim tembakan ke gawang kosong. Gol keempatnya di Liga Champions musim ini.

Manchester City ada di dalam bayang-bayang Barcelona sepanjang babak pertama. Tetapi pasukan Pep Guardiola bukannya tidak bisa menciptakan peluang. Menit 39, Ilkay Gundogan menyelusup masuk ke kotak penalti, lantas mengirim tembakan yang bisa dibendung Marc Andre Ter Stegen dengan cekatan.

Harapan cerah setelah selama ini Bravo yang selalu kerepotan oleh lini depan Barca.

Di ujung babak pertama, kedua tim sama-sama menghasilkan peluang. John Stones membuang kesempatan kala ia menanduk umpan tendangan bebas David Silva, meski begitu bebar.

Sementara Luis Suarez, yang menerima umpan Messi, memaksa Bravo melakukan dua penyelamatan atas tembakannya.

Paruh kedua, dimulai dengan kekonyolan Bravo. Setelah rangkaian penyelamatannya, ia justru memberikan bola kepada Luis Suarez. El Pistolero menembak, Bravo menepisnya di luar kotak penalti. Tentu saja kartu merah diberikan kepadanya. City harus bermain 10 orang, Nolito dikorbankan untuk masuknya Willy Caballero.

Timpang, City masih saja melakukan kesalahan. Dan itu dimanfaatkan Lionel Messi. Menit 61, Iniesta mendapatkan bola dengan gratis lantas mengumpannya untuk Si Nomor 10. Tanpa ampun, tembakan Messi menjebol gawang Caballero.

Mimpi tim tamu mengimbangi Barca semakin berantakan. Jarak yang sudah lebar semakin lebar lagi ketika Luis Suarez mengumpan Messi untuk hattricknya di menit 69.

Namun, City punya harapan ketika Jeremy Mathieu dalam waktu dua menit terkena dua kartu kuning. Ia diusir wasit dan Barca harus bermain dengan 10 orang.

Di ujung pertandingan, Barca harusnya bisa menambah gol ketika Lionel Messi dijatuhkan di kotak terlarang. tapi, Neymar gagal mengeksekusi penalti.

Cuma, Si Nomor 11 membalas kesalahannya dengan cepat. Menit 90, menerima umpan Messi, Neymar meliuk bebas di area jantung pertahanan lawan, lantas mengirim tembakan untuk memastikan Barca menang 4-0. (AND)