PALEMBANG,HS – 1 April 2020, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengajak seluruh masyarakat Sumsel untuk melaksanakan Sholat Hajat di kediaman masing-masing. Hal ini dikatakan HD pada saat peresmian operasional Rumah Sehat Covid-19 di Wisma Atlet Jakabaring, Senin (30/3/2020).

“Besok 1 April ba’da Maghrib ayo kita Sholat Hajat memohon kepada Allah SWT supaya wabah Covid-19 ini cepat berlalu. Sholat Hajat ini akan dikhalifahi oleh Ulama dan disiarkan langsung oleh Televisi maupun Radio lokal,” ajaknya

Dalam kesempatan tersebut, HD juga menghimbau kepada warga Sumsel supaya jangan menyebar hoax atau berita bohong tentang Covid-19 ini. Karena, hal tersebut dapat menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan kepada masyarakat lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja pihak kepolisian yang dengan cepatnya bergerak mengamankan pelaku penyebar hoax. Dimana kemarin ada seorang juru parkir yang mengambil video di salah satu rumah sakit dan mengatakan bahwa pasien tersebut pasien corona,” tegasnya.

Terkait dengan mulai beroperasinya Rumah Sehat Covid-19 di Wisma Atlet Jakabaring, HD berharap, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sumsel baik yang sudah melakukan screening awal di Puskesmas maupun secara mandiri.

“Memang yang masih menjadi kendala saat ini disini adalah Alat Pelindung Diri (APD) para medis, tapi kita usahakan memenuhinya. Kalau yang lain sudah siap semua, Rumah Sehat Covid-19 ini juga dipimpin oleh kepala-kepala Rumah Sakit yang ada di Palembang,” tutupnya