PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengajak para peneliti tanaman dan kalangan pengusaha,  petani buah di Sumsel untuk  terus mengembangkan  tanaman buah lokal dengan varietas yang unggul.
Salah satunya adalah buah duku komering yang saat ini telah dipatenkan sebagai tanaman buah asli dari pesisir sungai Komering yang ada di Kabupaten OKU Timur.
“Kedepan bukan hanya buah duku komering yang dipatenkan tapi buah lainnya seperti durian dan lainnya,” tegas HD Jumat (4/1/2019).
Adanya kegiatan Festival buah yang akan digelar (KG) Group dalam waktu dekat. HD memberikan apresiasi dan dukungan dengan harapan dapat menambah semangat para petani buah dan kalangan peneliti untuk terus melakukan inovasi mencari   varietas unggul bagi hasil pertanian di Sumsel. Mengingat  saat ini tanaman buah yang ada merupakan warisan secara turun temurun.
”Semestinya dikembangkan misalnya durian bagaimana caranya bisa dipanen beberapa kali dalam setahun. Jadi festival ini bisa jadi sarana edukasi juga untuk petani,” jelas HD.
Dalam kesempatan tersebut HD juga meminta,  KG  Group dapat membantu pemprov menghidupkan kembali olahraga masyarakat, dalam mendorong percepatan pembangunan desa.
Saat ini dikatakan HD, olahraga masyarakat yang bersifat tradisional seperti egrang bahkan bersepeda sangat jarang ditemukan. Diapun meminta ini digalakkan kembali termasuk olahraga bola kaki di kampung dan pedesaan melalui kalender kegiatan tahunan di KG. Termasuk menggali potensi-potensi yang tak terlihat di pedesaan.
“Di desa-desa banyak potensi yang kalau ini digali bisa mendatangkan pembaca baru bagi media Kompas group,” ujarnya.
Selain dua masalah tersebut, HD mengaku sangat support dengan kegiatan kalender tahunan yang dilakukan KG. Seperti Festival Buah, Festival Imlek, Kartini Award pada bulan April, Kompas Gramedia Award pada bulan Agustus hingga Ekspedisi Burung Migran di akhir tahun.