PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H. Herman Deru optimis dimasa mendatang olahraga mendembak akan menjadi olahraga yang memiliki banyak penggemar di Sumsel.

Untuk memasyarakatkan olahraga ini dibutuhkan sosialisasi dengan menggelarn  event kejuaraan salah satunya kejuaraan  mendembak Piala Gubernur Sumsel Level III “Open Championship 2019” yang dipusatkan di lapangan tembak Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu (2/11).

            Herman Deru yang juga  sebagai Perbakin Provinsi Sumsel  ini menambahkan melalui gelaran  kejuaraan akan lebih memasyaratkan olahraga ini  di samping mencari bibit baru atlek tempak yang berperstasi.

“Saya mengajak seluruh anggota  pengurus Perbakin Sumsel untuk menghilangkan image, dimana selama ini olaharaga menembak  masih diberi label sebagai olahraga para elit   dan mahal yang hannya bisa dimainkan oleh kalangan tertentu saja,” tegasnya.

Melalui kejuaraan  mendembak Piala Gubernur Sumsel Level III diaberharap akan melahirkan atlit tembak yang handal  sekaligus sebagai ajang dalam menjaring atlit baru.

“Yang kita harapkan melalui kejuaraan ini  akan timbul bibit baru yang selama ini terpendam,”  harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Menembak Gubernur Sumsel Level III Open Championship 2019, M Lutfi mengatakan kategori yang dipertandingkan adalah IPSC Hand Gun dan PCC, AA IPSC/Air Soft Gun dan Senapan Big Bore serta Senapan Angin. d

“Untuk kategori IPSC Hand Gun dan PCC diikuti sebanyak 140 Petembak, 6 orang penembak berasal dari Malaysia, sedangkan kategori AA IPSC diikuti 90 Penembak dan Senapan Big Bore 100 dan 300 meter serta Senapan Angin diikuti sebanyak 150 penembak,” jelasnya.

Masih dalam rangkaian membuka dengan resmi Kejuaraan Menembak Gubernur Sumsel  Level III Open Championship 2019 di Lapangan Tembak Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyempatkan untuk meninjau dan mengecek langsung fasilitas dari venue shooting range tersebut.

Dari hasil tinjauannya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru memastikan venue shooting range atau venue menembak ini masih terjaga dengan baik pasca Asian Games. Dari fasilitas yang masih terjaga tersebut, Ia semakin yakin untuk menginvite event nasional dan  internasional untuk berlaga di venue shooting range Jakabaring.

 “Ini kan gedung yang dilengkapi dengan peralatan yang mahal dibangun Asian Games Kemarin. Saya lihat masih terjaga dengan baik, Tadi kita sudah membuka kejuaraan menembak, sebagai uji coba pasca Asian Games  kita adakan kejurnas ini, agar kita bisa melihat apa yang kurang dan lebihnya. Sehingga bisa kita tingkatkan lagi pada tingkat Asean dan internasional,” pungkasnya.