PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel H Herman Deru, berencana akan menyelenggarakan pekan budaya nasional (PKN) Provinsi Sumsel.

Menurutnya, jika Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional di Jakarta, pihaknya juga ingin kegiatan serupa bisa terselenggara di wilayahnya. Dia menilai, kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi yang di usungnya saat mencalonkan diri sebagai Gubenur Sumsel.

“Kan biasanya ada Pekan Olahraga Nasional (PON), nanti kita akan buat Pekan Kebudayaan Nasional yang mana festival itu memang menjadi visi misi saya dalam mempertahankan kearifan lokal,” katanya saat diwawancarai digriya agung Rabu (9/10/2019).

Ia menjelaskan, jika Pekan Kebudayaan Nasional di Jakarta diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia. Namun, kata dia, untuk di wilayahnya kegiatan tersebut akan dibuat khusus kabupaten dan kota se-Sumatera Selatan.

Ditanya soal kapan Pekan Kebudayaan Nasional digelar Sumatera Selatan, Herman Deru, mengaku bahwa untuk waktu kapan penyelenggaraannya belum bisa dipastikan.

“Kalau masalah waktu ini masih dibahas. Tentunya, lewat Pekan Kebudayaan Nasional itu tujuanya memang agar kita bisa mempertahankan kebudayaan kita, tanpa adanya festival seperti ini saya rasa tidak mungkin,” tutupnya