Foto : Gubernur Sumsel menerima Presidium Kabupaten Basemah Asfan Fikri Sanaf

PALEMBANG,HS – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengakomodir rencana Presidium Kabupaten Basemah untuk menyalurkan aspirasi dan  mengkaji lebih lanjut  penggabungan Kota Pagaralam dan beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat untuk menjadi Kabupaten Basemah.

Untui itu Herman Deru Minta Presidium Kabupaten Besemah Temui Bupati Lahat dan Wako Pagaralam, demikian disampaikannya  saat menerima Presidium pembentukan Kabupaten Basemah, di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Rabu (27/11).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan,  munculnya daerah otonomi baru (DOB) akan mampu mengisi wilayah yang sangat luas tersebut, terlebih baik pemekaran maupun penggabungan daerah dapat dilakukan  pemerintah melalui kementerian dalam negeri dan bisa juga melalui Dewan Perwakilan Rakyat.

“Pemprov menjadi kanal jika aspirasi benar, aspirasi legal, aspeknya terpenuhi tentu kenapa tidak. Butuh konsolidasi di kepanitiaan sendiri, Saran saya alangkah baiknya panitia ini audiensi ke dua lembaga untuk menanyakan syarat terlebih dahulu, Saya menganjurkan yang syarat nya ringan, karena secara irisan teritorialnya sudah layak,” katanya.

Sementara Ketua Umum Presidium Kabupaten Basemah H. Asfan Fikri Sanaf mengatakan, Saat ini sudah terbentuk presidium persiapan pembentukan kabupaten Basemah, dimana telah dilaporkan hasil kerja presedium kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru, kedepan tinggal memperjuangkan terbentuknya kabupaten Basemah yang merupakan penggabungan antara Kota Pagaralam dengan beberapa kecamatan di luar kota pagaralam .

“Sekarang kita mau kembalikan ke dalam topografi , Jadi ini perjuangan panjang, kita sudah ketemu Gubernur dan ketemu dengan DPRRI, ketemu dengan Depdagri, ketemu dengan Bupati Lahat, kemudian Walikota Pagaralam untuk menyalurkan aspirasi. Kita mempunyai dua opsi yang pemekaran untuk kabupaten baru, ada juga opsi penggabungan, penggabungan itu adalah kabupaten lahat, kota pgaralam digabung dengan beberapa kecamatan disekitar pagaralam,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel yang telah merestui dan memberikan dukungan penuh, untuk mengkaji lebih lanjut penggabungan dua daerah menjadi satu kabupaten.

“Dua opsi aspirasi masyarakat ada opsi pemekaran dan penggabungan, harapan kita proses tadi Gubernur merestui upaya dari presidium untuk melanjutkan pengkajian apakah pemekaran atau penggabungan,” katanya.