BANYUASIN,HS – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, berjanji akan memberikan kembali 50 eksavator kepada para petani di Desa Muara Padang Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Asalkan, Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di desa ini berhasil hingga 19 Oktober 2019 mendatang.

“Permintaan kami tolong capai target. Saya tunggu telepon dari sini tanggal 19 Oktober 2019 pukul 12.00 WIB. Kalau capai target 100 ribu ton saya langsung kirim 50 eksavator,” tegas Amran dihadapan para petani Desa Muara Padang Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin, Rabu (28/8/2019).

Amran berharap, Sumsel menjadi penentu pangan di Indonesia. Hal itu untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Saat ini, Sumsel menjadi lumbung pangan kelima di Indonesia. Posisi ini meningkat dari sebelumnya yang hanya menduduki peringkat ke delapan.

“Program SERASI ini memang tujuan kita untuk membangunkan rawa dan menekan kebakaran. Alhamdulillah, program ini sudah bisa menekan kebakaran di Sumsel,” pungkasnya

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengungkapkan, dirinya menargetkan Sumsel sebagai lumbung pangan nomor satu di Indonesia pada 2021 mendatang. Untuk itu, dirinya menginginkan kepada seluruh petani supaya semangat dalam mengelola lahan pertanian.

“Kita sudah dibantu sedemikian rupa, maka harus tenanan. Melalui program SERASI ini kita bisa tiga kali panen, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Deru.

Untuk diketahui, dari 200 ribu hektare lahan program SERASI di Sumsel, khusus Kecamatan Muara Padang terdapat 2.630 hektare lahan yang tersebar di lima desa.