PALEMBANG,HS – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru menyerahkan bantuan Hibah kendaraan roda dua untuk satuan polisi pamong praja di 17 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bertempat di Auditorium Bina Praja (27/12).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menegaskan, untuk di tahun depan Ia menginginkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpolpp) Provinsi Sumsel tidak lagi seperti memiliki kasta yang berbeda dengan satuan lain.

“Saya ingin 2020 nanti ada Pergub yang mengatur uniform mulai dari emblem, warna seragam, plakat, letak emblem, papan nama, sepatu dan termasuk kelengkapan atribut komandannya seperti tongkat. Itu sebenarnya cara kita untuk menegakan wibawa minimal di kesatuannya, di internalnya bagaimana dia sebagai koordinator ppns bagaimana ia harus melakukan tindakan pembinaan kepada para asn bagaimana menegakan perda, perkada serta menegakan ketertiban umum dan  mencegah peredaran miras dan narkoba,” ungkapnya

Menurutnya, pengabdian Satpolpp bukan hanya administratif  tapi juga nyata.  Ia juga menghimbau kepada seluruh Bupati dan Walikota mulai dari rekrutmen barometernya tidak hanya di fisik saja melainkan disertai dengan intelektual.

“Kita diatur tupoksi pemerintah yang jelas nomor 16 tahun 2018 di regulasi terakhir jadi modal kita.  Siapa yang akan mengangkat derajat PolPP mulai dari sikap, pakaian dan perbuatan, marwah ASN bukan ekslusif tapi menghargai,” tuturnya

“Setiap Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel mendapatkan satu motor trail,” kata Kepala Satpol PP Sumsel Aris Saputra saat diwawancarai usai Penyerahan Bantuan/Hibah Kendaraan Roda Dua Untuk Satpol PP Kabupaten/Kota se Sumsel di Kantor Gubernur, Jumat (27/12/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan diberi nya motor trial ini untuk meningkatkan koordinasi dalam tugasnya antara Satpol PP Sumsel dengan Kabupaten/Kota. Sedang untuk Satpol PP Sumsel dapat tiga motor yaitu satu motor trial, satu motor Honda CB dan satu motor PCX.

“Jadi ketika Gubernur maupun kita melakukan kunjungan ke Kabupaten/Kota bisa koordinasi dengan daerah. Terlebih Gubernur sering ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi di Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel,” katanya.

Sementara itu terkait dipilihnya motor trail menurut Aris, sebab motor trail ini cocok dan pas untuk kondisi yang ada di Sumsel. Artinya jangan dinilai dari nominalnya, tapi ini bentuk perhatian dan koordinasi serta dukungan Pemprov Sumsel untuk Kabupaten/Kota