>

PALEMBANG,HS – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Selatan menggelar rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan 1438 Hijriah Rukyatul di atas Hotel Aryaduta Palembang pada saat matahari terbenam, Jumat (26/7) pukul 17:57:58 WIB. Hasilnya, hilal tak terlihat lantaran terkendala cuaca.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, M Al-Fajri Zabidi mengungkapkan, cuaca di Palembang tidak mendukung saat rukyatul hilal digelar. Hujan gerimis turun dan langit arah barat tertutup awan.

“Untuk wilayah Palembang tidak dapat dirukyat karena faktor cuaca. Secara kasat mata hilal tidak terlihat,” ungkap Alfajri.

Namun, kata dia, menurut hisab, ketinggian hilal di Palembang pada sore ini berada di 8 derajat 27 menit 36 detik diatas ufuk mar’i. Azimut matahari terbenam 21 derajat 10 menit 42 detik di Utara titik barat dan azimut bulan terbenam 17 derajat 47 menit 10 detik di utara titik barat.

“Dilihat dari hasil ini tanggal 1 Ramadan 1438 Hijriah diperkirakan jatuh besok hari atau tanggal 27 Mei 2017. Tapi menunggu hasil keputusan sidang jabat nanti,” pungkasnya.(MDN)