Salah satu baliho Balongub Sumsel yang roboh di jalan raya Palembang - Indralaya.

Salah satu baliho Balongub Sumsel yang roboh di jalan raya Palembang – Indralaya.

OI, HS – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Sumsel khususnya Kabupaten Ogan Ilir (OI), akhir-akhir ini, mengakibatkan sejumlah baliho bakal calon Gubernur Sumsel yang bakal maju pada Pilkada Sumsel 2018 mendatang roboh.

Robohnya baliho Balongub tersebut, Rabu (21/9), diduga tak kuat menahan derasnya laju angin ditambah tiang penyangga bagian baliho yang hanya berbahan kayu.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah baliho yang roboh itu  antara lain bergambar Balongub Syaifuddin Aswari Rifai, Syahrial Oesman dan baliho Ishak Meki.

Baliho-baliho roboh dibiarkan begitu saja berserakkan di sisi kiri trotoar jalan raya dari arah Inderalaya, tepatnya di Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Bahkan, sejumlah warga setempat sengaja mengambil bagian kayu yang terpisah dari badan baliho untuk keperluan rumah tangga.

Hendri (40), warga Pemulutan mengatakan, robohnya baliho tidak hanya diakibatkan oleh tiupan angin melalinkan, ada juga sebagian baliho yang sengaja dirobohkan oleh orang tak dikenal dengan hanya mengambil bagian kayunya saja untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Sedangkan, bagian baliho dibiarkan begitu saja berserakkan di sisi kiri trotoar jalan raya.

“Kalau tidak salah, sebelumnya terhitung ada 8-9 baliho berjejer di sisi kiri trotoar jalan raya, sekarang sudah tidak ada lagi. Karena, sebagian ada yang roboh dan dibiarkan begitu saja. Kemudian, ada juga yang sengaja dirobohkan oleh seseorang tak dikenal,” katanya Rabu (21/9).

Sekitar dua tahun jelang pesta demokrasi Pilkada Sumsel tahun 2018 mendatang, sejumlah tim sukses mulai bergerak melakukan sosialisasi-sosialisasi dengan memajang baliho maupun spanduk-spanduk berukuran raksasa di sepanjang Palembang-Inderlaya, maupun Jalintim Inderalaya-Kayuagung. (EL)