PALEMBANG,HS – Dalam rangka memperingati HUT PT KAI ke 73 serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga operasional LRT Sumsel, PT KAI Divre III Palembang mengadakan lomba mewarnai dan menggambar bagi anak-anak tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Kamis (20/9).
Kegiatan ini sendiri dikuti 10 TK dan 8 SD yang ada di kota Palembang dengan total jumlah peserta 68 orang.
Manager Humas Divre III, Aida Suryanti mengatakan, kegiatan lomba mewarnai dan mengambar ini bertemakan Jaga dan Sayangi Kereta LRT. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memberi edukasi perkeretaapian bagi anak-anak serta menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap kereta api sejak usia dini.
“Acara lomba ini baru pertama kali kita adakan di Stasiun LRT ini, tetapi untuk lomba mengambar dan mewarnai PT KAI sering mengadakan di stasiun Kertapati,” katanya
Selain itu, acara ini juga sekaligus mengenalkan operasional LRT pada anak-anak menyampaikan melalui kegiatan menggambar dan mewarnai ini kami ingin mengetahui seperti apakah pikiran awal anak tingkat SD dan TK tentang kereta LRT sehingga kami dapat memberikan edukasi mengenai perkeretaapian khususnya LRT bagi anak-anak dan KAI.
Menurutnya, Keberadaan LRT Sumsel ini membutuhkan dukungan masyarakat untuk ikut serta menjaga sehingga operasional LRT dapat berjalan dengan lancar.
“PT KAI mengambil langkah sosialisasi melalui lomba mewarnai kepada siswa SD dan TK karena selain memberikan edukasi melalui kegiatan juga kehadiran LRT di palembang ini juga dapat memberikan manfaat dengan mencerdaskan siswa siswi penerus bangsa dan menjadikan LRT Sumsel sebagai alternative transportasi bagi masyarakat,” ungkapnya.
Aida menambahkan, sebagai apresiasi PT KAI kepada pemenang lomba ini akan dipilih 6 orang pemenang lomba mewarnai (TK) dan 6 orang pemenang lomba menggambar (SD).
“Bagi pemenenang lomba ini akan mendapatkan hadiah dari PT KAI berupa uang, bingkisan, piagam dan lainnya,” jelasnya.
Setelah acara lomba mewarnai dan mengambar, lanjut Aida, pihaknya akan mengajak siswa untuk berkeliling melihat fasilitas di Stasiun dan pengenalan petugas yang melayani.
“Setelah lomba ini siswa akan berkeliling melihat sambil belajar mengenai apa saja yang ada di Stasiun ini dan juga mengenai LRT,” tutupnya