idul-adha-muaraenim

MUARAENIM, HS – Hari raya Idul Adha atau Idul Qurban jatuh pada 10 Dzulhijjah 1437 H bertepatan dengan Senin (12/9) 2016.

Shalat hari raya Idul Adha di Kabupaten Muaraenim diselenggarakan di halaman kantor Pemkab Muaraenim dan dihadiri oleh Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar, bersama unsur muspida, SKPD serta  ribuan masyarakat Kabupaten Muaraenim, sejak pukul 7 pagi.

Tampak hadir pula, Ketua DPRD Muaraenim, Aries HB, Kapolres Muaraenim, AKBP Hendra Gunawan, Dandim 0404 Muaraenim, Letkol Inf Jamaludin, pejabat muspika, muspida, tokoh masyarakat, dan ribuan masyarakat Kabupaten Muaraenim.

Sedangkan bertindak sebagai imam dan hhotib adalah Ketua MUI Kota Palembang, Drs H Saim Marhadan dan Bilal, Jamal Paiko, dari Masjid Agung Muaraenim.

H Saim Marhadan mengatakan, tujuan berkurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karunia Allah SWT yang dapat dinikmati sangatlah banyak dan jika mau menghitungnya dipastikan tidak akan sanggup menghitungnya.

“Untuk itu, nikmat yang telah diberikan Allah kita syukuri dan manfaatkan sebaik mungkin dengan melakukan hal yang baik dimuka bumi, salah satunya dengan cara mendirikan sholat dan berkurban. Dengan nikmat kita bisa bernafas, oksigen yang diberikan secara gratis oleh Allah itu merupakan nikmat. Dan nikmat yang tidak terhingga besarnya yaitu nikmat iman,” ujarnya.

Bupati Muaraenim, H Muzakir Sai Sohar mengatakan, tujuan kurban adalah wujud syukur kepada Allah SWT. Sebab daging dan darah kurban sama sekali tidak mencapai keridhoan Allah tetapi ketaqwaanlah yang mencapainya.

Muzakir mengingatkan agar semua umat muslim bertekad pada hari raya Idul Adha, untuk bersama-sama membangun negeri ini dengan saling tolong menolong terutama kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Mari kita bersama-sama saling maaf memaafkan. Dan kita doakan umat Islam yang sedang melaksankan haji menjadi haji yang mabrur,” ujar Muzakir. (EDW)