img_20160324_160410

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki

PALEMBANG,HS – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasun 2017 Akan Digelar, Pelaksana Tugas(Plt) Bupati Muba Beni Hernedi Dipastikan akan Cuti Karena yang bersangkutan ikut Serta Dalam Pencalonan Wakil Bupati Muba,

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki Saat Ditemui diruang kerjanya pemprov sumsel selasa (27/9).

Menurutnya. Selama belum ada Pj, maka nantinya, kepemimpinan Muba akan diisikan oleh Pelaksana harian (Plh) Bupati. Mungkin Plh ini adalah Sekda Muba saat ini

Dia juga menyampaikan, cuti ini diwajibkan bagi setiap kepala daerah yang mengikuti Pilkada sebagai petahana agar tidak menimbulkan anggapan jika keliling dalam kampanye tidak memakai fasilitas pemerintahan.

“Jadi selama Beni cuti maka tidak diperbolehkan untuk menggunakan semua fasilitas negara bahkan menjalankan tugas seperti bupati sebelumnya sampai masa cuti selesai,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, kebijakan cuti ini sempat dipermasalahkan oleh Gubernur Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) pada Pilkada Jakarta. Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) tetap memutuskan bagi petahana untuk cuti pada saat kampanye.

“Jadi karena aturan petahana harus cuti maka beni juga harus cuti juga,” terangnya.

Disinggung mengenai permasalahan dukungan Partai Demokrat kepada pasangan calon Dodi dan Beni, Ketua DPW Demokrat Sumsel ini mengakui hal tersebut. “Ini hanya miss komunikasi saja, dan ini tak hanya terjadi di Partai Demokrat tetapi juga partai lain,” katanya.

Dia mengatakan, miss komunikasi ini terjadi pada saat deklarasi. Seharusnya surat dukungan itu di tandatangani oleh Ketua DPC Partai Demokrat Muba, dan Sekretaris sesuai dengan PKPU Nomor 9 tahun 2016. Setelah diantarkan KPU, pihak KPU pun tidak menanyakannya sehingga beranggapan tidak terjadi masalah. Namun, setelah dilakukan verifikasi terjadi kesalahan dan diminta KPU untuk memperbaiki hal tersebut.

“Nah, semua kesalahan ini telah diperbaiki sehingga tidak ada lagi permasalahan,” ujarnya.(MDN)