Ilustrasi Sinyal dari Luar Angkasa ke Planet Bumi.

Ilustrasi Sinyal dari Luar Angkasa ke Planet Bumi.

RUSIA, HS – Kelompok ilmuwan dari SETI Intitute (Search of Extraterestrial Intelligence) mengungkap kehadiran sinyal kuat yang terdeteksi dan diduga dipancarkan dari sistem antariksa HD164595, yang berjarak 95 tahun cahaya dari Bumi. Sistem antariksa tersebut juga diduga kuat memiliki planet yang berukuran mirip seperti Neptunus.

Menurut Popular Science, sinyal yang pertama kali dideteksi oleh teleskop radio RATAN-600 di Zelenchukskaya, Rusia tersebut disinyalir merupakan sinyal yang sengaja dipancarkan ke segala arah.

Teori para ilmuwan SETI mengatakan bila sinyal dengan intensitas kuat tersebut hanya bisa diciptakan oleh makhluk hidup, dengan tingkat peradaban yang minimal setara dengan manusia Bumi saat ini.

Ilmuwan juga memperkirakan bila sinyal tersebut sengaja dipancarkan untuk tujuan tertentu. Beberapa teori mengatakan bila sinyal yang ditangkap kali ini bisa saja merupakan sinyal untuk memberitahu keberadaan makhluk asing di galaksi lain, atau bahkan sinyal SOS untuk meminta bantuan.

Meski demikian, ilmuwan SETI tidak bisa langsung menyimpulkan bila sinyal tersebut berasal dari alien di galaksi lain. Bisa saja sinyal tersebut dipancarkan oleh satelit yang mengorbit Bumi dan tertangkap sebagai sinyal asing.

Ilmuwan SETI akan mendiskusikan penemuan ini dalam acara 67th International Astronautical Congress di Guadalajara, Meksiko tanggal 27 September mendatang.