Coffee morning di Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim.

Konferensi pers dalam acara coffee morning di Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim.

MUARAENIM, HS – Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim mengelar coffee Morning bersama tim Pengawasan Orang Asing (PORA).

Hadir dalam acara, Asisten I Pemkab Muaraenim, Drs H Bulgani Hasan, Kajari Muaraenim, Adhyaksa Dharma Yuliano serta undangan lainnya.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim, Telmaizul Syatri,  mengatakan tim PORA melakukan pengawasan terkait penanganan orang asing yang mempunyi izin tinggal dan bekerja di Kabupaten Muaraenim sekaligus melakukan penindakan hukum jika terjadi adanya pelanggaran keimigrasian.

“Jika ada pelanggaran keimigrasian maka kita tetap bekoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Muaraenim guna dilakukan penindakan,” ungkapnya.

Ketika ditanya berapa banyak pelanggaran oleh orang asing dan berapa yang telah dakukan penindakanan, Telmaizul mengatakan untuk proses pelanggaran keimigrasian yang dilakukan orang asing di tahun 2014 ada sebanyak 365 kasus yang diproses hukum  hingga di deportasi ke negara masing masing.

Untuk tahun 2016, di wilayah Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim meliputi 11 kabupaten lainnya, ada 7 orang dimana satu diantaranya dari Kabupaten Muaraenim. Pelanggar keimigrasian tersebut berasal dari negara China dan Korea,” tegas Telmaizul.

Bupati Muaraenim melalui Asisten I, H Bulgani Hasan mengatakan dengan dibentuknya Tim PORA diharapkan agar keberadaan tenaga kerja asing dapat dilakukan pengawasan sehingga tidak menyimpang dari tujuan dan konteknya saat berada di wiayah Muaraenim.

“Terlebih tim  ini sudah mempunyai kewenangan maka akan lebih memudahkan melakukan monitoring terhadap orang asing,” ungkapnya. (EDW)