Pertandingan antara Indonesia vs Filipina berakhir imbang 2-2.

Pertandingan antara Indonesia vs Filipina berakhir imbang 2-2.

BOCAUE, HS – Indonesia harus puas bermain imbang saat melawan Filipina dengan skor 2-2 pada laga ke dua AFF Cup 2016  yang digelar di Philippine Sports Stadium, Bocaue, Selasa, (22/11).

Menanggapi hasil ini, Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl menyesalkan ketidakberuntungan timnya. “Sungguh kurang beruntung,” ujarnya kepada wartawan usai pertandingan.

Menurut Riedl, pertandingan berlangsung seru dengan banyaknya peluang yang tercipta dengan tempo permainan yang naik-turun. “Seharusnya kami bisa menang dengan satu gol pembeda. Tetapi, serangan kami sempat membentur tiang dan mistar gawang. Tetapi begitulah sepakbola,” ujarnya.

Pada pertandingan tersebut, timnas Indonesia mendapatkan start yang cukup bagus di awal babak pertama. Boaz dkk langsung mendominasi permainan dan tak membiarkan tuan rumah mengembangkan serangan.

Baru 7 menit babak pertama berjalan, timnas Indonesia berhasil mengejutkan tuan rumah dengan sebuah gol yang disumbangkan Fachrudin Ariyanto. Pemain belakang SFC ini sukses menanduk umpan terukur Stefano Lilipali. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol tersebut membuat tuan rumah Filipina tersengat. Praktis Filipina langsung meningkatkan intensitas serangan mereka. Bahkan pertahanan timnas Indonesia sempat dibuat pontan-panting menghalau tiap serangan tuan rumah. Beberapa kali peluang emas mampu diciptakan, hanya saja penyelesaian akhir yang kurang sempurna masih jadi kendala tuan rumah untuk memecah kebuntuan.

Timnas Indonesia bukan tanpa perlawanan. Boaz Salossa sempat berhasil menggandakan keunggulan untuk skuad Garuda. Sayang gol tersebut dianulir wasit karena Boaz sudah lebih dulu berada di posisi offside.

Serangan beruti-tubi dari tuan rumah Filipina akhirnya membuahkan hasil manis setelah gol Bahadora di menit ke 31 sukses samakan kedudukan. Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Pertandingan makin memanas memasuki babak kedua. Jual beli serangan diperagakan kedua tim. Skuad Garuda sempat beberapa kali membahayakan gawang tuan rumah lewat peluang dari Boaz, Evan Dimas hingga Andik Vermansah.

Sementara itu, Filipina sendiri juga mampu menciptakan kans untuk membalikan keadaan . Hanya saja usaha mereka belum membuahkan hasil positif.

Memasuki pertengahan babak kedua, akhirnya timnas Merah Putih berhasil menambah kedudukan. Kali ini giliran kapten Boaz Salossa yang unjuk gigi dengan golnya di menit ke 68. Berawal dari sepakan Andik yang masih menerpa mistar, bola liar disambar Boaz untuk mejebol gawang Filipina. Skor 2-1 Indonesia kembali memimpin.

Sayangnya timnas Indonesia tak mampu menjaga keunggulan mereka. Memasuki 10 menit jelang bubaran gawang Kurnia Mega harus kembali begetar lewat gol cantik Younghusband dari eksekusi tendangan bebas. Skor kembali imbang 2-2.

Kedudukan imbang 2-2 akhirnya menyudahi laga penuh drama. Dengan tambahan 1 angka, kedua tim tetap bertahan di posisi masing-masing. Filipina di posisi kedua dengan 2 poin. Sedangkan Indonesia masih harus bertahan di dasar klasemen dengan koleksi 1 angka. (AND)