PALEMBANG,HS – Proses perbaikan jalan yang harusnya dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang pada tahun ini terpaksa ditunda. Hal ini dikarenakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, harus mengikuti perintah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Palembang, Ahmad Bastari, menjelaskan, didalam aturan baru tersebut, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), mengisyaratkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) memiliki kemampuan manajerial level 3.
“Saat ini kita masih tahap tender. Tapi tidak lama pelaksanaannya akan segera kita laksanakan,” katanya, Jumat (05/04/2019).
Ia juga menerangkan, ada 300 perkerjaan yang sedang dalam tahapan tender, di antaranya, perbaikan jalan, irigasi, jembatan, sumber daya air dan lain sebagainya. Untuk perbaikan jalan masih menjadi prioritas.
Terutama jalan-jalan dalam kota yang menghubungkan jalan Provinsi dan Nasional.
“Kita berharap semua dapat berjalan lancar terutama jalan-jalan di kota Palembang,” terangnya
Mengenai anggaran, Pemkot Palembang menyiapkan dana hingga Rp118 miliar, terdiri dari APBD murni sebesar Rp98 miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp18 miliar.
Tidak hanya itu, saat ini pihaknya juga menunggu dana bantuan gubernur yang diajukan sebesar Rp108 miliar. Dari pengajuan itu diperkirakan akan disetujui sebesar Rp86 miliar.
“Range perbaikan setiap jalan Rp9-14 miliar. Tergantung kondisi kerusakan,” jelasnya.
Adapun untuk perbaikan jalan yang menjadi prioritas, di antaranya, Jalan Lettu Karim Kadir Gandus, Jalan Brigjen Hasan Kasim Celentang, Sako Baru, Talang Jambe, Syakyakirti , termasuk Jalan Soak Simpur hingga Jalan Noerdin Pandji atau Kebun Sayur dan Sukawinatan.
“Semua jalan yang diprioritaskan masuk kategori rusak berat dan sedang, dan jalan merupakan penghubung jalam nasional dan provinsi,” pungkasnya
Pihaknya terus memastikan setelah tender selesai akan segera dilakukan pengerjaan. Dan akan coba diselesaikan saat lebaran.
“Sekarang sudah ada sebagian yang diperbaiki. Kita yakin saat lebaran nanti jalan-jalan ini akan mulus,” tutupnya