PALEMBANG,HS – Makanan dan rokok menjadi pemicu utama yang mempercepat timbulnya sel kanker yang merusak tubuh. Karena itu, agar terhindar dari berkembangnya kanker maka hindari rokok dan makanan yang mengandung zat berbahaya.

Hal itu dikatakan Dr. Toto Imam Soeparmono dari Indonesian Army Center Hospital Gatot Subroto. Menurut dia, pemicu utama kanker adalah tumbuhnya sel-sel perusak yang menggerogoti organ tubuh manusia. Makanan yang mengandung zat berbahaya seperti pewarna buatan, formalin dan asap rokok dapat memicu percepatan perkembangan sel kanker.

“Dalam beberapa kasus, seseorang tersebut sehat. Namun tanpa dia sadari perkembangan sel tersebut cepat tumbuh dan menjadi kanker lantaran kebiasaan pola hidupnya yang mengkonsumsi makanan tertentu,” tegasnya

Dua hal yang baik dilakukan masyarakat, yakni sering-sering mengkonsumsi sayur dan  buahan yang sehat dapat menunda tumbuhnya sel kanker tersebut. Tentunya, tambah dia, menghindari makanan yang mengandung zat berbahaya dan asap rokok.

Senada dikatakan Wakil ketua komite III DPD RI, Abdul Aziz. Menurut dia, untuk mengurangi resiko berkembangnya kanker masyarakat Sumsel mesti memahami pola dan cara hidup sehat. Tentunya memahami sejak dini penyakit kanker tersebut.

“CISC diharapkan dapat menjadi lembaga yang memberi informasi mengenai penanganan kanker sejak dini. Lewat organisasi CSIC ini juga masyarakat dapat memahami dan mengetahui bagaimana penanggulangan kanker,” pungkas