Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Ada dua point penting yang diharapkan dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilantik hari ini, Senin (18/3/19), yang pertama adalah, ungkap Walikota Palembang, Harnojoyo, seluruh CPNS dapat membantu pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di segala bidang.
Sesuai dengan tugas dan bidangnya, mereka dapat bertugas membantu atasannya yang bekerja untuk mewujudkan rencana pembangunan jangka panjang Kota Palembang yang barusan disahkan beberapa waktu lalu.
Kedua, seluruh CPNS dapat bersama-sama mensuport dua program penting, yakni safari Subuh berjamaah dan Gotong Royong, yang saat ini menjadi program penting Pemkot Palembang dalam mewujudkan Palembang EMAS Darussalam 2023.
“Insha Allah.SWT tahun ini kita akan merevisi Perwali terkait dengan program subuh berjamaah. Jadi tidal hanya pejabat yang menjadi penggerak, kita harapkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non PNS dapat ikut menjadi penggerak,” ulasnya usai saat melantik 712 CPNS dan penyerahan SK CPNS formasi seleksi Tahun 2018, Senin (18/3/19) yang dilaksanakan di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang.
Setelah pelantikan hari ini, kedepan Pemkot Palembang akan terus menambah pegawai yang saat ini masih cukup banyak dibutuhkan terkhusus guru.
“Formasi kita masih butuh sekitar 2000 an pegawai lagi, untuk segala bidang. Dan yang paling banyak dibutuhkan guru,” terangnya.
Dalam kesempatan itu, Harnojoyo juga mengajak seluruh CPNS untuk menjadi sukses, dengan mengedepankan disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara.
Karena masyarakat Kota Palembang dan Bangsa Indonesia menaruh harapand pada CPNS yang baru dilantik. Dengan disiplin dan kerjakeras, para CPNS dituntut dapat mengimplementasikan bidang masing-masing. Mereka diajak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
“Kita juga harus bekerja cerdas,  serta bekerja ikhlas. Keempat nilai luhur ini harus dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara dalam rangka mencapai cita-cita,” ujarnya.
Dijelaskannya, Kota Palembang telah tumbuh semakin maju. Indeks Pengembangan Manusia (IPM) Kota Palembang telah mencapai 77,24 lebih tinggi dari Indeks pembangunan manusia secara nasional. Pertumbuhan Ekonomi Palembang juga mencapai 6,16 lebih tinggi dari nasional. Keberhasilan tersebut menurutnya, merupakan hasil dari kinerja seluruh pegawai pemerintah dan masyarakat.
Dimana, subuh berjemaah yang dilaksanakan Pemkot Palembang menjadi salah satu wujud implementasi kerja ikhlas.
Dan program gotong-royong rutin yang digelar Pemkot Palembang, merupakan gerakan moral untuk menyadarkan masyarakat dalam pentingnya menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan.
“Seseorang yang mampu bekerja ikhlas maka satu langkah sudah didapatkan oleh seseorang,” tutupnya (Rl)